Minggu, 27 November 2016

Makalah Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan

Mata Kuliah : Aplikasi Dasar Komputer
“Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan”


Disusun Oleh : Kelompok 5
Ketua              : Cessilia Giovani
Moderator      : Tri Lande
Notulen           : Ulfa Afriandini
Anggota          : 1. Dilla Fransiska
  2. Yulia Ulfa

Dosen Pengampu : Dr. Arnita, M.Si
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Reguler B 2016/2017
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN


KATA PENGANTAR
Puji dan syukur Kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, karunia dan hidayah-Nya, sehingga Kami  mampu menyusun dan menyelesaikan makalah ini. Makalah ini Kami susun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer pada Semester 1 pada program studi Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Medan. Kami  berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa khususnya prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih memiliki banyak sekali kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu Kami sangat  mengharapkan kritik dan saran dari pembaca terutama kepada Ibu Arnita M.Pd selaku Dosen mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer di Universitas Negeri Medan tepatnya di kelas Reguler B 2016.


Medan, November  2016


                                 Penyusun                







DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .    . . . . . .            1
DAFTAR ISI  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .           2
BAB I. Pendahuluan
1.1  Latar Belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                   3
1.2  Rumusan Masalah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                     3
1.3  Tujuan Penyusunan Makalah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                      3
BAB II. Pembahasan
2.1  Pengertian Komputer dan Media  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                  4
2.2  Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Bidang Pendidikan . . . . .                4
2.3  Keunggulan Komputer di Bidang Pendidikan. . . . . . . . . . . . . . . . . .                 5
2.4  Kelemahan Komputer di Bidang Pendidikan. . . . . . . . . . . . . . . . . . .                 5
2.5  Manfaat Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan. . . .  . . . . . . . .              5
2.6  Dampak Penggunaan Komputer bagi Pendidikan. . . . . . . . . . . . . . . .            7
BAB III. Penutup
3.1  Kesimpulan. . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . .                    8
3.2  Saran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . .   . . . . . .             8
Daftar Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .          9











BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Perkembangan  teknologi yang begitu  pesat  sangat  berpengaruh  terhadap dunia pendidikan. Institusi pendidikan yang tidak menerapkan teknologi khususnya komputer  akan  kalah  bersaing.  Penggunaan komputer  pada sekolah-sekolah merupakan  salah satu  cara  sekolah  untuk  meningkatkan  kualitas  institusinya,  karena dengan  alat  tersebut  sebuah  sekolah  dapat  meningkatkan  akses,  mempercepat proses dan memperlancar administrasi serta meningkatkan keefektifan proses belajar mengajar. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat inilah ternyata cukup mempengaruhi tatanan kehidupan  manusia di semua sektor.
Perkembangan teknologi juga berdampak pada keberlangsungan proses belajar mengajar agar dapat terlaksana dengan baik dan mampu mengikuti perkembangan teknologi.Hal inilah yang melatarbelakangi penyusunan makalah ini, yaitu untuk mengetahui  dan mengkaji secara mendalam mengenai kegunaan atau pemanfaatan komputer di bidang pendidikan.

1.2  Rumusan Masalah
1.      Apakah defenisi komputer dan media?
2.      Bagaimanakah peranan komputer sebagai media pembelajaran ?
3.      Sebutkan keunggulan komputer di bidang pendidikan?
4.      Sebutkan kelemahan komputer di bidang pendidikan ?
5.      Sebutkan Manfaat Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan ?
6.      Apa sajakah dampak dari penggunaan komputer dalam bidang pendidikan ?

1.3  Tujuan Penulisan Makalah
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas harian mata kuliah, selain itu diharapkan makalah ini dapat menambah pengetahuan tentang:
1.      Definisi komputer dan media
2.      Peranan komputer sebagai media pembelajaran
3.      Keunggulan komputer di bidang pendidikan
4.      Kelemahan komputer di bidang pendidikan
5.      Manfaat penggunaan komputer di bidang pendidikan
6.   Dampak penggunaan komputer dalam bidang pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pengertian Komputer dan Media
Menurut KBBI Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diintruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile,dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Dari pengertian di atas dapat dikatakan bahwa komputer adalah alat elektronik yang dipakai manusia dalam kesehariannya, baik yang berhubungan dengan hiburan, pekerjaan maupun pembelajaran yang berkenaan dengan pengolahan data, angka, gambar, suara dan sebagainya yang diproses dengan unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Sedangkan Arief S. Sadiman ( 1984:6 ) mengatakan bahwa media “ adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan  pesan serta merangsang siswa untuk belajar seperti film, buku dan kaset ”.
Dan media merupakan alat yang memungkinkan siswa atau mahasiswa untuk mengerti dan memahami sesuatu dengan mudah dan dapat untuk mengingatnya dalam waktu yang lama dibandingkan dengan penyampaian materi pelajaran dengan cara tatap muka dan ceramah tanpa alat bantuan.
2.2  Komputer sebagai Media Pembelajaran di Bidang Pendidikan
Aplikasi komputer dapat dijadikan media dalam bidang pembelajaran yang  memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Peranan teknologi komputer pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu  besar.  Komputer telah  menjadi  fasilitator  utama bagi  kegiatan-kegiatan disemua  sektor  kehidupan  termasuk  dalam  sektor  pendidikan.  Komputer telah memberikan  andil besar  terhadap  perubahan-perubahan  yang mendasar  pada struktur,  operasi,  dan  manajemen  sistem  pendidikan  dan  pembelajaran.  Berkat teknologi  komputer  ini berbagai  kemudahan
dapat dirasakan  dalam  proses pembelajaran  seperti  persentasi  mengajar,  akses  informasi  (e-learning) dan pembuatan pembelajaran berbasis komputer.

2.3 Keunggulan Komputer di Bidang Pendidikan
Heinich dkk. (1986) mengemukakan sejumlah kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada medium komputer. Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan beberapa keuntungan. Komputer memungkinkan pelajar maupun mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat pelajar maupun mahasiswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan terhadap pelajar maupun mahasiswa untuk menentukan kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan komputer untuk menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya.
2.4  Kelemahan Komputer di Bidang Pendidikan
Selanjutnya Benny dan Tita (2000) memberi penjelasan. Disamping memiliki sejumlah kelebihan, komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan
2.5  Manfaat Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Penggunaan  komputer  dalam  pendidikan dan pembelajaran sah-sah  saja.Karena komputer memiliki banyak sekali kegunaan. Menurut pendapat Robert Taylor , peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu  TUTOR, TOOL dan TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education). Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer Assist Instruction).
Adapun kegunaan komputer yang lainnya dalam bidang pendidikan adalah sebagai berikut :
1.    Sebagai alat untuk memperlancar proses belajar mengajar,  karena Komputer dapat dijadikan seperti kertas, pensil, buku, video, film dan lain sebagainya yang dapat menimbulkan kesan menarik sehingga siswa akan semangat dan tidak mudah bosan untuk memperhatikan uraian-uraian yang terkandung di dalamnya.
2.    Dalam beberapa mata pelajaran tertentu komputer dapat membantu belajar menjadi lebih  efektif, misalnya sebagai alat presentasi.  Komputer dapat  berperan  besar  dalam  pembelajaran  jika digunakan secara semestinya. Komputer  dapat membantu  pendidik  dalam memudahkan pembelajaran,  bahkan  dapat  memotivasi  dan  mengakselerasi  belajar  siswa.
3.   Komputer dengan koneksi internet bisa memperlancar akses yang bisa memudahkan urusan administrasi misalnya siswa dengan bantuan guru dapat mendaftar secara online ketika ingin masuk ke perguruan tinggi, baik berupa SNMPTN, SBMPTN maupun pengurusan bidik misi dan beasiswa lainnya.
4.   Selain itu juga dapat mengirimkan nilai-nilai siswa dengan cepat untuk memperlancar proses ujian nasional dan pembuatan ijazah.
5.    Komputer dengan koneksi  internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) bisa mengeksplorasi dunia dengan sangat mudah. E-learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran.
6.    Komputer dengan koneksi internet  dapat dijadikan sebagai alat untuk mempublikasikan karya-karya dan dokumentasi siswa agar lebih dikenal orang-orang lingkungan sekolah maupun luar sekolah dan sebagai kenang-kenangan untuk masa yang akan datang, misalnya pempublikasian puisi, pantun, cerpen, drama dan sebagainya.
7.    Seiring perkembangan zaman, penggunaan Komputer dengan koneksi internet telah merambah ke sekolah – sekolah setingkat kecamatan, sehingga akses informasi pun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap – tiap sekolah.
8.   Komputer tanpa koneksi internetpun bisa dimanfaatkan untuk mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah dalam membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa, membuat daftar nilai siswa, membuat absen siswa, membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru – guru sekolah.

2.6  Dampak penggunaan komputer dalam bidang pendidikan


Pemakaian  komputer ini juga menyimpan dampak positif maupun dampak negatif. komputer mendidik bahkan membuat anak memberikan  rangsangan  positif  dalam  meningkatkan  motivasi  belajar  anak, tentunya ini dituntut peran  guru/orang tua  dalam  mengontrol  anak  menggunakan komputer.  Tetapi  tidak  hanya kontrol  dari  guru/orang tua saja  yang dapat menjadikan  anak  memiliki motivasi  belajar  yang tinggi,  dibutuhkan  pula pengembanagan  program-program  komputer  yang telah  didesain  khusus  untuk dapat digunakan dalam pembelajaran dengan berbantuan komputer.
Selain itu dampak negatifnya di sektor pendidikan dan pembelajaran adalah dengan  hadirnya komputer di  meja belajar  anak,  dapat  menjadikan  minat  belajar anak  menurun jika anak  ini tidak  ada kontrol atau  dibiarkan saja , anak  bisa menggunakan program komputer yang justru dapat menyebabkan   kecanduan sehingga  enggan belajar, komputer dapat juga menjadikan pendidik seperti robot dan sangat mekanis, serta menjadikan  siswa seperti  makhluk  asing yang kurang memiliki skill  sosial.
Adapun beberapa faktor  yang menjadikan  seseorang menjadi  manusia  mekanis  karena teknologi komputer dalam dunia pendidikan dan pembelajaran adalah sebagai berikut :
1.      Komputer cendrung mengisolasi
Pembelajaran  melalui perantara mesin  (komputer,  video,  TV,  disket  dan sebagainya) dapat  memudahkan  pengetahuan  kognitif bagi  peserta didik. Tetapi pembelajaran  melalui mesin  ternyata telah  mengisolasi  peserta didik/  pendidik secara sosial,  karena seseorang hanya beriteraksi  dengan  mesin  yang jelas-jelas mesin  tidak  memiliki perasaan.  Kebanyakan  berinteraksi/ menggunakan peranta mesin menyebabkan menurunnya sosial skill yang dimiliki seseorang.
2.      Komputer cendrung membuat orang fasif  secara fisik
     Penyusunan  program  pembelajaran  berdasar  teknologi  cendrung masih mengangap pembelajaran bersifat verbal, linear, rasionalistis, dan hanya merupakan kerja otak. Dengan tidak mengajak orang terlibat secara fisik pembelajaran berbasis komputer hanya memanfatkan sebagaian dari kecerdasan manusia.
3.      Komputer hanya cocok dengan satu gaya belajar
Pembelajaran dengan berbantuan komputer ini hanya cocok untuk satu gaya belajar  saja,  karena memang pembelajaran  dengan  bantuan  komputer  merupakan pembelajaran yang pembuatannya diprogram.
4.      Komputer cenderung berdasar media dan bukan berdasar pengalaman.
                                                                                                                       
BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Komputer adalah alat elektronik yang dipakai manusia dalam kesehariannya, baik yang berhubungan dengan hiburan, pekerjaan maupun pembelajaran yang berkenaan dengan pengolahan data, angka, gambar, suara dan sebagainya yang diproses dengan unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan. Komputer memiliki keunggulan salah satunya adalah Komputer memungkinkan pelajar maupun mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Selain itu komputer juga memiliki kelemahan di antaranya yaitu tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
Sistem pendidikan sekolah dapat menyediakan siswa yang siap menghadapi masa depan dan lebih siap menghadapi tantangan globalisasi. Dari masa ke masa, usaha untuk  menginovasi  kualitas  pendidikan  akan  terus  ditingkatkan.  Salah  satu usaha untuk  meningkatkan  kulialitas  pendidikan  yaitu  dengan  memanfatkan teknologi  komputer dalam  pendidikan  dan  pembelajaran.
Sangat banyak sekali kegunaan komputer dalam dunia pendidikan yang bisa dimanfaatkan secara optimal. kegunaan ini tentunya juga dibarengi dengan dampak positif dan negatifnya.

3.2  Saran
Pengguna komputer dalam  pendidikan dan  pembelajaran harus  waspada terhadap bahaya dan  kesan negatif  akibat  penggunaan  yang tidak  terkontrol.  Penggunaan  komputer  dalam pendidikan  dan  pembelajaran  sedikit  banyak  sudah  pasti akan mengubah  corak pendidikan masa depan dan tingkah laku siswa/guru atau bahkan sistem pendidikan itu  sendiri.  Oleh  itu,  pengawalan, pengawasan  dan  pemanfaatan  harus  tetap dilakukan agar perkembangan teknologi dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi sektor pendidikan dan pengajaran sebagai penutup secanggih apapun peranggkat teknologi  komputer  tetap  saja  peran  orang  tua  atau  guru  dalam pembelajaran masih harus lebih dominan, komputer harus diposisikan sebagai alat atau media dalam pembelajaran



Daftar Pustaka

1.      Telaah Kritis Pemanfaaatan Teknologi Komputer Dalam Pembelajaran  oleh Deni Hardianto
diakses pada hari Kamis 22 September 2016 pukul 10.24 WIB
2.      Manfaat Komputer Dalam Pembelajaran oleh Agus Suyadi 2008
diakses pada hari Kamis 22 September 2016 pukul 10.30 WIB
diakses pada hari Kamis 22 September 2016 pukul 10.37 WIB
diakses pada hari Kamis 22 September 2016 pukul 10.42 WIB




1 komentar:

  1. Terima kasih kak artikelnya bagus sekali sdh sangat membantu belajar saya.
    Perkenalkan nama saya Jerlince Gobay
    Saya dari kampus DIII keperawatan Timika

    BalasHapus