Mata Kuliah : Aplikasi Dasar Komputer
“Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan”
Disusun Oleh : Kelompok 5
Ketua :
Cessilia Giovani
Moderator :
Tri Lande
Notulen :
Ulfa Afriandini
Anggota :
1. Dilla Fransiska
2. Yulia Ulfa
Dosen Pengampu : Dr. Arnita, M.Si
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
Reguler B 2016/2017
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur Kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha
Esa yang telah memberikan rahmat, karunia dan hidayah-Nya, sehingga Kami mampu menyusun dan menyelesaikan makalah ini. Makalah ini Kami susun untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer pada Semester 1 pada program studi
Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Medan.
Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi
Mahasiswa khususnya prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih memiliki banyak
sekali kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu Kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari pembaca
terutama kepada Ibu Arnita
M.Pd selaku Dosen mata kuliah Aplikasi
Dasar Komputer di Universitas Negeri Medan tepatnya di kelas
Reguler B 2016.
Medan,
November 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . .
. .
. . . . . . 1
DAFTAR ISI . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . 2
BAB I. Pendahuluan
1.1 Latar
Belakang . . . . . . . . . . . . .
. . . . .
. . . . . . . . . . . . .
. . . .
. . . . . . 3
1.2 Rumusan
Masalah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
1.3 Tujuan
Penyusunan Makalah. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
BAB II. Pembahasan
2.1 Pengertian
Komputer dan Media . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 4
2.2 Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Bidang
Pendidikan . . . . . 4
2.3 Keunggulan Komputer di Bidang Pendidikan. . . .
. . . . . . . . . . . . . . 5
2.4 Kelemahan Komputer di Bidang Pendidikan.
. . . . . . . . . . . .
. . . . . . 5
2.5 Manfaat Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan.
. . . . . . . . . . . 5
2.6 Dampak Penggunaan Komputer bagi Pendidikan. . . . . .
. . . . .
. . . . . . 7
BAB III. Penutup
3.1 Kesimpulan.
. . . . . . . . . . . . .
. . ..
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 8
3.2 Saran.
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . 8
Daftar Pustaka
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 9
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan teknologi yang begitu pesat
sangat berpengaruh terhadap
dunia
pendidikan. Institusi pendidikan yang tidak menerapkan teknologi khususnya komputer akan
kalah bersaing. Penggunaan komputer pada sekolah-sekolah merupakan salah
satu cara
sekolah untuk meningkatkan
kualitas institusinya, karena
dengan alat
tersebut sebuah sekolah
dapat meningkatkan akses,
mempercepat proses
dan memperlancar
administrasi serta
meningkatkan keefektifan proses belajar mengajar. Dengan
perkembangan teknologi
yang begitu pesat inilah ternyata cukup mempengaruhi tatanan kehidupan manusia
di semua sektor.
Perkembangan teknologi juga
berdampak pada keberlangsungan proses belajar mengajar agar dapat terlaksana
dengan baik dan mampu mengikuti perkembangan teknologi.Hal inilah yang
melatarbelakangi penyusunan makalah ini, yaitu untuk mengetahui dan mengkaji secara mendalam mengenai
kegunaan atau pemanfaatan komputer di bidang pendidikan.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah
defenisi komputer dan media?
2. Bagaimanakah peranan komputer sebagai media
pembelajaran ?
3. Sebutkan keunggulan komputer di bidang pendidikan?
4. Sebutkan kelemahan komputer di bidang pendidikan ?
5. Sebutkan Manfaat Penggunaan Komputer di Bidang
Pendidikan ?
6. Apa sajakah dampak dari penggunaan komputer dalam
bidang pendidikan ?
1.3 Tujuan Penulisan Makalah
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas harian mata kuliah,
selain itu diharapkan makalah ini
dapat menambah pengetahuan tentang:
1. Definisi komputer dan media
2. Peranan komputer sebagai media pembelajaran
3. Keunggulan komputer di bidang pendidikan
4. Kelemahan komputer di bidang pendidikan
5. Manfaat penggunaan komputer di bidang pendidikan
6. Dampak
penggunaan komputer dalam bidang pendidikan
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Komputer
dan Media
Menurut KBBI
Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah
data secara cermat menurut yang diintruksikan, dan memberikan hasil pengolahan,
serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi,
faksimile,dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit
penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Dari pengertian di atas dapat dikatakan
bahwa komputer adalah alat elektronik yang dipakai manusia dalam kesehariannya,
baik yang berhubungan dengan hiburan, pekerjaan maupun pembelajaran yang
berkenaan dengan pengolahan data, angka, gambar, suara dan sebagainya yang
diproses dengan unit pemasukan,
unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Sedangkan Arief
S. Sadiman ( 1984:6 ) mengatakan bahwa media “ adalah segala alat fisik yang
dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar seperti film,
buku dan kaset ”.
Dan media merupakan alat yang memungkinkan siswa atau mahasiswa untuk
mengerti dan memahami sesuatu dengan mudah dan dapat untuk mengingatnya dalam
waktu yang lama dibandingkan dengan penyampaian materi pelajaran dengan cara
tatap muka dan ceramah tanpa alat bantuan.
2.2 Komputer sebagai Media Pembelajaran di
Bidang Pendidikan
Aplikasi komputer dapat dijadikan media dalam bidang pembelajaran yang memungkinkan berlangsungnya proses belajar
secara individual (individual learning). Pemakai
komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Peranan teknologi
komputer pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar.
Komputer telah menjadi fasilitator
utama bagi kegiatan-kegiatan disemua sektor
kehidupan termasuk dalam
sektor pendidikan. Komputer telah memberikan andil besar
terhadap perubahan-perubahan yang mendasar
pada struktur, operasi,
dan manajemen sistem
pendidikan dan pembelajaran.
Berkat teknologi komputer
ini berbagai kemudahan
dapat
dirasakan dalam
proses pembelajaran
seperti persentasi mengajar,
akses informasi (e-learning) dan pembuatan
pembelajaran berbasis komputer.
2.3 Keunggulan Komputer di Bidang Pendidikan
Heinich dkk.
(1986) mengemukakan sejumlah kelebihan dan juga kelemahan yang ada pada medium
komputer. Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses belajar memberikan
beberapa keuntungan. Komputer memungkinkan pelajar maupun mahasiswa belajar
sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan
informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat pelajar
maupun mahasiswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya.
Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keleluasaan
terhadap pelajar maupun mahasiswa untuk menentukan kecepatan belajar dan
memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan. Kemampuan komputer
untuk menayangkan kembali informasi yang diperlukan oleh pemakainya.
2.4 Kelemahan
Komputer di Bidang Pendidikan
Selanjutnya
Benny dan Tita (2000) memberi penjelasan. Disamping memiliki sejumlah
kelebihan, komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki beberapa
kelemahan. Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan pengembangan
program komputer, terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi
perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan
manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk
menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan
2.5 Manfaat
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Penggunaan komputer dalam
pendidikan dan pembelajaran sah-sah
saja.Karena
komputer memiliki banyak sekali kegunaan. Menurut pendapat Robert
Taylor , peranan komputer dalam pendidikan dibagi menjadi 3 bagian
yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE. Sebagai TUTOR, komputer berperanan sebagai
pengajar melalui pendekatan pengajaran berbantukan komputer. Penggunaan
komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based Education).
Sebagai TOOL, komputer menjadi alat untuk memudahkan proses pengajaran dan
pembelajaran seperti konteks pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer
juga dugunakan untuk melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti
pengolahan data nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai
TUTEE komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya
jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI (Computer
Assist Instruction).
Adapun
kegunaan komputer yang lainnya dalam bidang pendidikan adalah sebagai berikut :
1.
Sebagai alat untuk memperlancar proses belajar mengajar, karena Komputer
dapat dijadikan seperti kertas, pensil, buku, video, film dan lain
sebagainya
yang dapat menimbulkan kesan menarik sehingga siswa akan semangat dan tidak
mudah bosan untuk memperhatikan uraian-uraian yang terkandung di dalamnya.
2.
Dalam beberapa mata
pelajaran tertentu komputer dapat membantu belajar menjadi lebih efektif, misalnya sebagai alat presentasi. Komputer dapat berperan
besar dalam pembelajaran
jika digunakan secara semestinya. Komputer
dapat membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran, bahkan
dapat memotivasi dan
mengakselerasi belajar siswa.
3.
Komputer dengan koneksi internet bisa memperlancar akses yang bisa
memudahkan urusan administrasi misalnya siswa dengan bantuan guru dapat
mendaftar secara online ketika ingin masuk ke perguruan tinggi, baik berupa
SNMPTN, SBMPTN maupun pengurusan bidik misi dan beasiswa lainnya.
4.
Selain itu juga dapat mengirimkan nilai-nilai siswa dengan cepat untuk
memperlancar proses ujian nasional dan pembuatan ijazah.
5. Komputer dengan koneksi internet
memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi
lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.Dengan
e-learning, peserta ajar (learner atau murid) bisa mengeksplorasi dunia dengan sangat mudah. E-learning
juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran.
6. Komputer dengan koneksi internet dapat
dijadikan sebagai alat untuk mempublikasikan karya-karya dan dokumentasi siswa
agar lebih dikenal orang-orang lingkungan sekolah maupun luar sekolah dan
sebagai kenang-kenangan untuk masa yang akan datang, misalnya pempublikasian
puisi, pantun, cerpen, drama dan sebagainya.
7. Seiring
perkembangan zaman, penggunaan Komputer dengan koneksi internet telah merambah ke sekolah –
sekolah setingkat kecamatan, sehingga akses informasi pun semakin mudah
diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap – tiap sekolah.
8.
Komputer tanpa koneksi internetpun bisa dimanfaatkan untuk mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah dalam membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar
nama siswa, membuat daftar nilai siswa, membuat absen siswa, membuat
perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru – guru
sekolah.
2.6 Dampak
penggunaan komputer dalam bidang pendidikan
Pemakaian komputer ini juga
menyimpan dampak positif maupun dampak negatif. komputer mendidik bahkan
membuat anak memberikan rangsangan positif
dalam meningkatkan motivasi
belajar anak, tentunya
ini dituntut peran guru/orang tua dalam
mengontrol anak menggunakan komputer. Tetapi
tidak hanya kontrol dari
guru/orang tua saja yang dapat menjadikan anak
memiliki motivasi belajar yang tinggi, dibutuhkan pula pengembanagan
program-program komputer yang telah
didesain khusus untuk dapat digunakan dalam pembelajaran dengan berbantuan komputer.
Selain itu
dampak negatifnya di sektor
pendidikan dan pembelajaran adalah dengan hadirnya komputer di meja belajar
anak, dapat menjadikan
minat belajar anak menurun jika anak ini tidak
ada kontrol atau dibiarkan saja , anak bisa menggunakan program komputer yang justru dapat menyebabkan kecanduan sehingga enggan belajar, komputer dapat juga
menjadikan pendidik seperti robot dan sangat mekanis, serta menjadikan siswa seperti
makhluk asing yang kurang
memiliki skill sosial.
Adapun beberapa faktor yang menjadikan seseorang menjadi manusia
mekanis karena teknologi
komputer dalam dunia pendidikan dan pembelajaran adalah sebagai berikut :
1.
Komputer cendrung
mengisolasi
Pembelajaran melalui
perantara mesin (komputer, video,
TV, disket dan sebagainya) dapat memudahkan pengetahuan
kognitif bagi peserta didik.
Tetapi pembelajaran melalui mesin
ternyata telah mengisolasi peserta didik/ pendidik secara sosial, karena
seseorang hanya beriteraksi dengan mesin
yang jelas-jelas mesin tidak memiliki perasaan. Kebanyakan
berinteraksi/ menggunakan peranta mesin menyebabkan menurunnya sosial skill yang dimiliki
seseorang.
2.
Komputer cendrung membuat
orang fasif secara fisik
Penyusunan program
pembelajaran berdasar teknologi
cendrung masih mengangap pembelajaran bersifat verbal, linear, rasionalistis, dan hanya
merupakan kerja otak. Dengan tidak mengajak orang terlibat secara fisik
pembelajaran berbasis komputer hanya memanfatkan sebagaian dari kecerdasan manusia.
3.
Komputer hanya cocok dengan
satu gaya belajar
Pembelajaran
dengan berbantuan komputer ini hanya cocok untuk satu gaya belajar saja,
karena memang pembelajaran
dengan bantuan komputer
merupakan pembelajaran yang pembuatannya diprogram.
4.
Komputer cenderung berdasar
media dan bukan berdasar pengalaman.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Komputer
adalah alat elektronik yang dipakai manusia dalam kesehariannya, baik yang
berhubungan dengan hiburan, pekerjaan maupun pembelajaran yang berkenaan dengan
pengolahan data, angka, gambar, suara dan sebagainya yang diproses dengan unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta
unit pengontrolan. Komputer memiliki keunggulan salah satunya adalah Komputer
memungkinkan pelajar maupun mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan
kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Selain
itu komputer juga memiliki kelemahan di antaranya yaitu tingginya biaya
pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama yang dirancang khusus
untuk maksud pembelajaran.
Sistem pendidikan sekolah
dapat menyediakan siswa yang siap menghadapi masa depan dan lebih siap menghadapi tantangan globalisasi. Dari
masa ke masa, usaha untuk
menginovasi kualitas pendidikan
akan terus ditingkatkan.
Salah satu usaha
untuk meningkatkan kulialitas
pendidikan yaitu dengan
memanfatkan teknologi komputer
dalam pendidikan dan
pembelajaran.
Sangat
banyak sekali kegunaan komputer dalam dunia pendidikan yang bisa dimanfaatkan
secara optimal. kegunaan
ini tentunya juga dibarengi dengan dampak positif dan
negatifnya.
3.2 Saran
Pengguna komputer dalam pendidikan dan pembelajaran harus waspada terhadap bahaya dan kesan negatif akibat penggunaan
yang tidak terkontrol. Penggunaan
komputer dalam pendidikan dan
pembelajaran sedikit banyak
sudah pasti akan mengubah corak pendidikan masa depan dan tingkah laku siswa/guru atau bahkan
sistem pendidikan itu sendiri. Oleh
itu, pengawalan, pengawasan dan
pemanfaatan harus tetap dilakukan agar perkembangan teknologi dapat memberikan manfaat
yang sebesar-besarnya bagi sektor pendidikan dan pengajaran sebagai penutup
secanggih apapun peranggkat teknologi
komputer tetap saja
peran orang tua
atau guru dalam pembelajaran masih harus lebih dominan, komputer harus diposisikan
sebagai alat atau media dalam pembelajaran
Daftar
Pustaka
1.
Telaah Kritis Pemanfaaatan Teknologi
Komputer Dalam Pembelajaran oleh Deni Hardianto
diakses pada hari Kamis 22 September 2016 pukul 10.24
WIB
2. Manfaat Komputer Dalam Pembelajaran oleh
Agus Suyadi 2008
diakses
pada hari Kamis 22 September 2016 pukul 10.30 WIB
diakses
pada hari Kamis 22 September 2016 pukul 10.37 WIB
diakses
pada hari Kamis 22 September 2016 pukul 10.42 WIB
Terima kasih kak artikelnya bagus sekali sdh sangat membantu belajar saya.
BalasHapusPerkenalkan nama saya Jerlince Gobay
Saya dari kampus DIII keperawatan Timika