Minggu, 27 November 2016

Aplikasi Dasar Komputer
CRITICAL BOOK REPORT
“MICROSOFT OFFICE 2013”
Oleh Matius Tomy Suryadi
Disusun oleh Kelompok 5

1.     Tri Lande
          2.     Cessilia Giovani
         3.     Ulfa Afriandini
         4.     Dilla Fransiska
5.     Yulia Ulfa
Dosen Pengampu: Dr. Arnita, M.Si.

Reguler B 
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2016

I.                  Pengantar
Tidak ada kata lain yang lebih utama untuk  Kami ucapkan selain puji dan syukur Kami kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, karunia dan hidayah-Nya. Sehingga, Kami mampu menyelesaikan tugas Critical Book Report ini. Critical Book Report Kami  susun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer pada Semester 1 pada program studi Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Medan. Kami berharap semoga Critical Book Report ini  dapat bermanfaat bagi Mahasiswa khususnya prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Critical Book Report ini disusun untuk membahas tentang ringkasan buku, keunggulan buku, kelemahan buku serta simpulan dan saran.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah Critical Book Report ini masih terdapat banyak kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu, Kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca terutama oleh Ibu Dr. Arnita, M.Si selaku Dosen mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer di Universitas Negeri Medan tepatnya di kelas Reguler B 2016.



Medan, November  2016


     Penyusun         



II.               Ringkasan Isi Buku
A.    Identitas Buku
1.      Judul Buku            : Microsoft office 2013
2.      Penulis                   : Matius Tomy Suryadi (Elco)
3.      Kota Terbit            : Yogyakarta
4.      Penerbit                 : CV.ANDI OFFSET (PenerbitAndi)
5.      Tahun Terbit          : 2013
6.      Jumlah Halaman    : 152
7.      Edisi                      : 1 (Satu)

B.     Ringkasan Isi Bab
Lembar Kerja Microsoft Excel
Microsoft Excel memiliki dua lembar kerja yaitu :
1.      Lembar kerja Workbook
Workbook adalah dokumen keseluruhan dan di dalam satu workbook terdapat lebih dari satu worksheet. Jika diibaratkan buku, workbook adalah buku induknya. Sementara,
2.      Worksheet adalah haalamna-halaman yang ada di dalam buku tersebut.
Lembar kerja pada microsorf excel 2013 ini adalah :
a.      Tombol Office Ini digunakan untuk menampilkan semua perintah yang berhubungan dengan pengolahan dokumen. Seperti mencetak, menyimpan, dan sebagainya.
b.      Quick Acces Toolbar Toolbar ini memiliki 4 tombol perintah, yaitu, save, undo, redo, excel option.
c.       Tab Tab adalah bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi sederet grup yang secara otomatis menyesuaikan dengan pekerjaan yang aktif.
d.      Grup Ini adalah isi dari tab yang berisi beberapa tombol perintah untuk menjalankan perintah tertentu.
e.       Tombol Expand Ini berfungsi untuk memunculkan kotak dialog setiap grup yang berisi berbagai fitur dan perintah.
f.       Title Bar Merupakan judul lembar kerja yang sedang aktif atau terbuka.
g.      Ribbon Option dan Help Ribbon option berguna untuk menetukan tampilan ribbon yang akan digunakan. Sedangkan help digunakan untuk mencari tutorial penggunaan Microsoft Excel 2013.
h.      Tombol Sign In Digunakan untuk melakukan sign in yang nantinya akan terintegrasi dengan SkyDrive.
i.        Formula Bar Merupakan sebuah area yang berfungsi untk memasukkan data input, formula atau rumus.
j.        Lembar kerja Merupakan tempat untuk mengetik dan mengolah data, serta memberikan koneten, seperti gambar, tabel, dan lain-lain.
k.      Zoom level Untuk mengatur ukuran tampilan kerja.
l.        Pengatur Tampilan Lembar Kerja Untuk mengatur tampilan lembar kerja dokumen Microsoft Excel 2013.
m.    Insert New Sheet Merupakan tombol perintrah yang digunakan untuk menambah worksheet baru ke dalam workbook.
n.      Tabulasi Sheet Merupakan kartu yang menyimpan beberapa nama worksheet yang aktif dalam sebuah workbook.
o.      Navigasi Sheet Berfungsi untuk berpindah antar sheet aktif.
p.      Sel  Adalah perpotongan antar kolom dan garis.
q.      Range Sel Merupakan kumpulan dari kolom, baris, dan sel yang tertampung dalam worksheet.
r.       Pointer Sel Adalah kursor yang digunakan untuk memilih sebuah sel.
s.       Name Box Digunakan untuk menampung nama-nama range yang dibuat dalam Microsoft Excel 2013.
3.      Insert Online Picture
Fitur baru ini bisa digunakan untuk menambahkan gambar-gambar yang ada di internet atau yang ada di SkyDrive dokumen kerja anda.
4.      Share, Export, dan Account
Ketiga fitur ini ada di tombol office. Share digunakan untuk membagikan pekerjaan orang lain dengan menggunakan Email, Post to blog, Save to cloud. Export mengubah ektensi dokumen pekerjaan anda menjadi PDF/XPS dengan sangat mudah. Dan account digunakan untuk mengintegrasikan Microsoft excel 2013 dengan SkyDrive.
Mengganti Tampilan Lembar Kerja
Cara yang digunakan untuk mengganti tampilan lembar kerja adalah dengan mengklik salah satu tombol pengatur tampilan yang terletak dibagian bawah lembar kerja.
a.      Normal Merupakan pilihan default yang berfungsi untuk menampilkan lembar kerja spreadsheet dengan tampilan normal.
b.      Page Layout  Ini berfungsi untuk menampilkan lembar kerja secara utuh, mulai dari bagian header, bagian footer, objek grafik, dan item-item lain.
c.       Page Break Preview Berfungsi untuk menampilkan lembar kerja dalam bentuk preview, serta menampilkan garis batas cetak antar halaman, dan pada setiap halaman diberi keterangan page 1, page 2, dan seterusnya.
Memilih Sel
Beberapa perintah untuk memilih sel dalam lembar kerja diantarnya yaitu :
Pilihan
Perintah
Sel tunggal
Klik sel yang dipilih
Range sel
Klik sel pertama dan geser mouse ker sel terakhir
Semua sel dalam worksheet
Klik tombol Sellect All
Sel-sel yang posisinya tidak berurutan (random)
Pilih sel yang pertama, lalu tekan tombol Ctrl sambil memilih sel yang lain.
Range sel yang besar
Klik sel pertama, kemudian tekan tombol shif sambil klik tombol terakhir yang dipilih dalam range .
Satu baris penuh
Klik judul baris yang dipilih
Satu kolom penuh
Klik judul kolom yang dipilih
Bebrapa baris atau kolom yang urutannya berurrutan
Klik judul baris, geser mouse sampai judul baris yang diinginkan , atau bisa juga menekan tombol shift.
Beberapa baris atau kolom yang urutannya tidak berurutan
Pilih judul bais, tekan tombol Ctrl sambil memilih judul baris yang lain.
Menutup Program Excel 2013
1.      Klik tombol Office > close.
2.      Pergi ke Quick Access Toolbar > Excel Options > close.
3.      Tekan tombol close yang ada di bagian pojok kanan atas lembar kerja.
Input Data
Langkah- langkah untuk memasukkan data dalam worksheet Excel adalah sebagi berikut :
1.      Klik sel yang akan diisi dengan data.
2.      Ketik data, kemudian tekan enter atau tab untuk memasukkan data tersebut.
3.      Tekan tombol Esc untuk membatalkan proses input data.
Mengenal Jenis Data Input
1.      Data angka
2.      Data teks
3.      Data tunggal dan waktu
4.      Data deret numerik
5.      Data deret teks
6.      Data deret nama bulan dan hari
7.      Data deret tanggal dan waktu
8.      Data deret buatan sendiri
Berikut ini langkah-langkah membuat data deret sendiri di Microsoft Excel 2013 yaitu :
a.       Klik tombol Office, kemudian pilih Options untuk membuka kotak dialog Excel Options.
b.      Pada kotak dialog Excel Options, pada kolom sebelah kiri, pilih Advanced, dan pada kolom bagian kanan, pilih Edit Custom List untuk memunculkan kotak dialog Custom Lists.



Memformat Font pada Data
Langkah-langkah memformat font pada Data yaitu :
1.      Pilih dan blok data yang akan di format
2.      Maka secara otomatis akan muncul tool font
3.      Atau anda bisa pergi ke tab home > Font
Memformat Tabel dengan Border
Langkah-langkah yaitu :
1.      Klik tombol Expand dalam group Font untuk memunculkan kotak dialog format cells.
2.      Pilih tab Border, tentukan garis border pada bagian Style.
3.      Tentukan warna pada bagian Color.
4.      Pasang garis-garis bingkai dengan cara klik pada bagian Presets dan Border, lalu klik OK untuk mengakhiri.
Mengatur Perataan Data
Caranya yaitu :
1.      Klik tombol Expand dalam grup Alignment untuk memunculkan kotak dialog Format Cells.
2.      Pilih tab Alignment, Pilih Perintah:
A.    Horizontal  digunakan untuk mengatur perataan secara horizontal dengan beberapa pilihan seperti berikut :
a.       General merupakan format standar data, di mana data teks diformat rata kiri, data numerik rata kanan dan logical dan eror akan diformat.
b.      Left yaitu untuk meratakan data sel dibagian kiri
c.       Center yaitu untuk meratakan data sel di bagian tengah
d.      Right yaitu untuk meratakan data sel bagian kanan.
e.       Fill yaitu untuk mengulang penulisan data dalam sehingga memenuhi lebar kolom sel telah dibentuk.
f.       Justify yaitu untuk meratakan data sel di bagian kiri dan kanan
g.      Center Accross Selection yaitu untuk meratakan data teks yang panjang dalam sebuah sel yaitu rata pada bagian kiri dan kanan sel.
h.      Distibuted yaitu untuk mendistribusikan data dalam sel sehingga tampak rata kiri dan kanan terhadap kolom.
B.     Vertikal digunakan untuk mengatur perataan secara vertikal dengan pilihan pengaturan sebagai berikut :
a.       Top untuk meratakan data selo di bagian atas
b.      Center untuk meratakan data sel di bagian tengah
c.       Bottom untuk meratakan data sel di bagian bawah
d.      Justify untuk meratakan data teks yang panjang dalam sebuah sel, yaitu rata-rata dan bawah.
e.       Distributed yaitu untuk mendistribusikan data sel sehingga tampak rata atas dan bawah terhadap baris.
C.    Orientation untuk mengatur orientasi embaacaan teks
D.    Text digunakan untuk melipat baris teks yang cukup panjang pada bagian Degrees.
E.     Shrink to fit digunakan untuk menyesuaikan ukuran font suatu teks yang cukup panjangterhadap lebar kolom yang ada.
F.     Merge cell digunakan untuk menggambungkan beberapa sel menjadi sel tunggal
Menggunakan Kategori Number
Selain menggunakan tombol-tombol pada grup Number, anda juga dapat Memformat data dengan menggunakan kotak dialog format cells pada tab Number. Beberapa Kategori Format yaitu :
a.       Number digunkan untuk memformat angka dengan berbagai pilihan bentuk.
b.      Currency digunakan untuk memformat angka dengan pemisah ribuan koma,dengan menggunakan simbol mata uang.
c.       Accounting digunakan untuk memformat angka dengan format akuntansi
d.      Date digunakan untuk memformat angka dengan format data tanggal
e.       Time digunakan untuk untuk memformat angka dengan format data waktu
f.       Percentage digunakan untuk memformat angka dengan format persentase
g.      Fraction digunakan untuk memformat angka dengan format angka pecahan
h.      Scientific digunakan untuk memformat angka dengan format ilmiah
i.        Text digunakan untuk memformat data bertipe numerik menjadi angka dengan format teks sehingga data tersebut akan menjadi rata kiri.
j.        Special digunakan untuk memformat angka dengan bentuk format khusus.
Mengenal Operator
Langkah-langkah membentuk rumus excel :
1.      Posisikan pointer sel pada sel yang akan diisi dengan rumus
2.      Ketik tanda sama dengan (=) untuk mengawali rumus dan tuliskan rumus.
3.      Tekan enter untuk mengakhiri rumus.
Anda dapat menjumlahkan serangkaian data pada excel dengan menggunkan tombol sum yang terdapat pada tab Home dalam grup Editing atau dengan menekan tombol Alt+=n pada keyboard.tombol sum juga dapat digunakan untuk proses perhitungan antara lain:
a.       Sum digunakan untuk menghitung jumlah total dari serangkaian data angkaa paada suatu range sel
b.      Average digunakan untuk menghitung rata-rata dari serangkaian data angka pada suatu range sel.
c.       Min digunakan untuk mencari nilai terkecil dari serangkaian data angka pada suatu rang sel.
d.      Max digunakan untuk mencari nilai terbesar dari serngkaian data angka angka pada suatu range sel.
e.       Count digunakan untuk menentukan jumlaah data yang ada pada suatu range sel.
Membuat Grafik
Langkah-laangkah membuat grafik :       
1.      Blok data yang akan digunakan sebagai sumber grafik
2.      Pergi ke insert > chart.
3.      Pilih salah satu tipe grafik.
Untuk memodifikasi grafik, aanda bisa pergi ke Chart Tool dalam tab Design dan Format yang secara otomatis akan muncul saat anda mengaktifkan grafik.
Mengganti Tipe Grafik
Langkah-langkaah mengganti tipe grafik yaitu :
1.      Pilih objek grafik yang akan diubah.
2.      Pergi ke Desugn > Type > Change Chart Type.
3.      Pilih salah satu tipe grafik, lalu pilih Ok

Mencetak Laporan 
            Untuk mendapatkan hasil cetakan yang bagus, sebaiknya anda pergi ke layar preview untuk mengetahui segala kekurangan dalam laporan sebelum benar-benar dicetak.anda bisa pergi ke tombol Office > Print. Pada bagian sebelah kanan, anda bisa melihat preview laporan anda.

Mengatur Setup Halaman
Anda bisa pergi ke tab Insert dan klik pada tombol Expand pada group Page Setup, atau dengan pergi ke tombol Office > Print > Page Setup untuk memunculkan kotak dialog Page Setup sebelum melakukan pencetakan.
Keterangan:
a.       Tab Page digunakan untuk mengatur orientasi, skala pencetakkan dan ukuran kertas yang akan digunakan.
b.      Tab Margin digunakan untuk mengatur batas area pencetakan dan posisi dokumen.
c.       Tab Header/Footer digunakan untuk menambahkan judul kepala dan catatan kaki pada dokumen.
d.      Tab Sheet digunakan untuk menentukan area percetakan urutan pencetakan dan pilihan pencetakan.
Mencetak Worksheet
Langkah-langkah mencetak dokumen ke printer :
1.      Pergi ke tombol Office > Print
2.      Pilih halaman yang akan anda print
Keterangan :
a.       Print Active Sheet digunakan unttuk mencetak sheet yang aktif saja
b.      Print Entire Workbook digunakan untuk mencetak keseluruhan workbook
c.       Print Selection digunakan untuk mencetak sheet terpilih.
d.      Isi beberapa salinan halaaman yang ingin aanda cetak pada kolom Copies.
e.       Pilih tombol Print untuk mulai mencetak.


III.           Keunggulan dan Kelemahan Buku
A.    Keunggulan
1.      Keterkaitan antar Paragraf
     Keterkaitan materi antara paragraf satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Penyusunan materi yang rapi dan saling terkait misalnya, pada pembahasan sub judul akan dijabarkan lagi fungsi-fungsi tools-tools yang tergabung kedalam menu-menu tersebut. Selain itu menu-menu tersebut diurutkan secara sistematis dan logis.
2.      Originalitas Isi Buku
     Pada aplikasi microsoft excel 2013 adalah aplikasi terbaru dalam dunia komputerisasi, dalam aplikasi baru lebih lengkap dan lebih bagus dalam pengolahan angka. Karena ini termasuk temuan terbaru sehingga bisa dijadikan referensi terbaru.
3.      Kemutakhiran Isi Buku
a)      Pembahasan yang disuguhkan pada bab ini dinilai masih memiliki kemutakhiran atau hubungan yang erat, karena seiring dengan perkembangan zaman maka IPTEK juga turut berkembang.
b)      Sehubungan dengan luasnya kegiatan manusia modern pada zaman sekarang dirasakan perlu adanya pengetahuan yang terbaru, maka Ms Excel 2013 ini sangat cocok untuk digunakan.
c)      Kemutakhiran isi bab pada buku ini,  juga dapat dilihat dari materi yang disajikan yang mengenai penggunaan Ms. Excel 2013 karena keluaran komputer-komputer terbaru, pada umumnya sudah mulai beralih ke Microsoft Office 2013.
4.      Kelengkapan Isi Buku
a)      Buku ini dinilai telah memiliki kelengkapan yang baik, termasuk kelengkapan isi yang terdapat pada Microsoft Excel, dimana penulis menyajikan pembahasan dan materi sejelas dan serinci mungkin agar pembaca dapat dengan mudah memahami dan mempelajari setiap materi yang terkandung dalam bab ini.
b)      Selain itu, bab yang ada di dalam buku ini juga disertai dengan berbagai macam gambar, tabel beserta penjelasannya yang bertujuan untuk mempermudah pembaca apabila ingin langsung mempraktekkannya.


B.     Kelemahan
1.      Keterkaitan antar Paragraf
          Paragraf yang tergabung dalam bab ini dinilai sudah memiliki kegayutan yang baik dan sistematis dan logis sehingga, tidak ditemukan bagian yang tidak berhubungan atau dengan kata lain paragraf-paragraf yang terdapat dalam buku ini sangat berkesinambungan dengan subjudul yang membatasinya.
2.      Originalitas Isi Buku
            Isi buku ini dinilai masih sangat mutakhir baik dari segi materi maupun dari segi pembahasan. Selain itu, materi Microsoft Excel ini juga merupakan keluaran terbaru dan terakhir hingga saat ini jadi tidak ada kelemahannya dalam aspek yang satu ini.
3.      Kemutakhiran Isi Buku
            Pada kemutakhiran isi buku ini kami juga menganggap bahwa buku ini masih sangat layak dan mutakhir untuk dipakai dalam mempelajari penggunaan Microsoft Excel 2013.Selain itu semua yang disajikan dalam bab ini masih ada kaitannya dengan kemajuan teknologi untuk mengikuti perkembangan zaman modern ini.
4.      Kelengkapan Isi Buku
            Pada dasarnya bab yang terdapat dalam buku ini telah disajikan selengkap mungkin, sehingga secara keseluruhan buku ini dinilai telah memilki kelengkapan isi yang baik serta menarik untuk dibaca, dipelajari serta diterpkan langsung dalam pembelajaran atau penggunaan komputer yang telah menggunakan Microsof Office 2013 khususnya Microsoft Excel 2013.




IV.             Implikasi
A.    Terhadap Teori
Buku ini sudah berisikan teori dan konsep yang sesungguhnya ada pada Ms. Exel. Jadi buku ini sudah dapat digunakan sebagai buku pegangan bagi mahasiswa yang hendak mempelajari bagaimana penggunaan Ms. Office Exel 2013. Dalam buku ini dijelaskan juga dengan menggunakan gambar dan tabel serta penjelasan setiap tools yang ada, jadi kita tidak akan meraba-raba jika hendak melakukan sesuatu yang menggunakan perintah hanya dengan menyebutkan  nama tools nya.
B.     Program Pembangunan di Indonesia
Implikasi terhadap program pembangunan Indonesia sebenarnya lebih terkhusus kepada aplikasi yang dibahas di dalam buku ini, yaitu program Ms. Office Exel. Aplikasi ini sangat berguna dalam program pembangunan di Indonesia. Program ini sangat banyak digunakan di semua instanti sebagai pengolah data yang ada.  Baik itu instansi pemerintah atau swasta. Ada begitu banyak kebutuhan yang menggunakan aplikasi pengolah angka dan juga data di Indonesia, namun aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang paling bermanfaat bagi kebanyaak program di Indonesia, karena dapat mempermudah pekerjaan penyusunan data, perhitungan, dan pengolahan juga.
Jadi, dengan kata lain buku ini sudah sangat membantu kita untuk melakukan pemajuan pembangunan negeri kita, karena dengan mempelajari buku ini kita dapat lebih mengerti bagaimana cara menggunakan Ms. Office 2013, dan dapat lebih mudah mengaplikasikannya dalam berbagai hal untuk menyelesaikan tugas-tugas.
C.    Analisis Kritis
Buku ini sangat bermanfaat untuk dapat mempelajari bagaimana cara penggunaan aplikasi Ms. Exel 2013, karena dengan membaca buku ini kita dapat memahami dan mengerti bagaimana menggunakan dan menjalankan aplikasi Ms. Exel 2013. Terutama lagi progra Ms. Exel 2013 merupakan program yang terbaru, dan masih banyak yang belum lancar dan paham bagimana penggunaannya. Walau demikian, fungsi penggunaan Exel 2013 tidaklah berbeda jauh dengan Exel 2010 maupun 2007. Namun tetap kita harus mengikuti perkembangan jaman, agar dapat lebih memudahkan pekerjaan kita dalam penggunaan alat alat elektronik di dunia digital ini.
V.                Kesimpulan dan Saran
Secara umum, dalam buku menjelaskan secara rinci mengenai aplikasi microsoft excel yang berfokus pada pengolahan angka, dala buku juga menjelaskan icon-icon yang terdapat dalam microsoft excel. Penyajian materi juga memuat contoh gambar yang sedang dijelaskan, seperti pemberian gambar icon sel lalu dibarengi dengan penjelasan serta fungsinya. pada buku juga memberikan informasi cara cepat dalam pengolahan angka pada microsoft excel dengan rumus yang lebih memudahkan pekerjaan.
Secara umum kelemahan buku ini adalah contoh gambar yang dimuat tidak diberikan secara utuh, seharusnya dalam pemberian contoh memberikan penjelasan gambar secara utuh dan tidak terpotong-potong. Atau dapat diberikan contoh dalam pembuatan lembar kerja dan menjelaskan secara satu persatu sehingga memudahkan pemahaman materi.
Dari semua keunggulan dan kekurangan buku tersebut dapat disimpulkan bahwa secara umum buku ini sudah memenuhi syarat penyajian sebuah buku, serta memuat materi dan pembahasan yang menarik. Buku ini sangat cocok untuk dijadikan panduan dalam mempelajari penggunaan Microsoft Office 2013.



DAFTAR PUSTAKA

Suryadi Matius Tomy.2013.Microsoft office 2013. CV.ANDI OFFSET:Yogyakarta





Tidak ada komentar:

Posting Komentar