Aplikasi Dasar Komputer
CRITICAL BOOK REPORT
“MICROSOFT
OFFICE 2013”
Oleh
Matius Tomy Suryadi
Disusun
oleh Kelompok 5
1. Tri Lande
2. Cessilia Giovani
3. Ulfa Afriandini
4. Dilla Fransiska
5. Yulia Ulfa
Dosen Pengampu: Dr. Arnita, M.Si.
Reguler B
PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2016
I.
Pengantar
Tidak ada kata lain yang lebih utama untuk
Kami ucapkan selain puji dan syukur Kami kepada Tuhan Yang Maha Esa yang
telah memberikan rahmat, karunia dan hidayah-Nya. Sehingga, Kami mampu
menyelesaikan tugas Critical Book Report ini. Critical Book Report Kami susun
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer pada
Semester 1 pada program studi Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di
Universitas Negeri Medan. Kami berharap semoga Critical Book Report ini
dapat bermanfaat bagi Mahasiswa khususnya prodi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia. Critical Book Report ini disusun untuk membahas tentang ringkasan buku, keunggulan buku,
kelemahan buku serta simpulan dan saran.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa
makalah Critical Book Report ini masih terdapat banyak kekurangan dan
kekeliruan. Oleh karena itu, Kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca
terutama oleh Ibu Dr. Arnita, M.Si selaku Dosen mata kuliah Aplikasi Dasar
Komputer di Universitas Negeri Medan tepatnya di kelas Reguler B 2016.
Medan, November 2016
Penyusun
II.
Ringkasan Isi Buku
A.
Identitas Buku
1. Judul Buku : Microsoft
office 2013
2. Penulis : Matius
Tomy Suryadi (Elco)
3. Kota Terbit :
Yogyakarta
4. Penerbit :
CV.ANDI OFFSET (PenerbitAndi)
5. Tahun Terbit : 2013
6. Jumlah Halaman : 152
7. Edisi : 1 (Satu)
B.
Ringkasan Isi Bab
Lembar Kerja
Microsoft Excel
Microsoft Excel memiliki dua lembar
kerja yaitu :
1.
Lembar
kerja Workbook
Workbook
adalah dokumen keseluruhan dan di dalam satu workbook terdapat lebih dari satu
worksheet. Jika diibaratkan buku, workbook adalah buku induknya. Sementara,
2. Worksheet adalah
haalamna-halaman yang ada di dalam buku tersebut.
Lembar kerja
pada microsorf excel 2013 ini adalah :
a.
Tombol
Office Ini digunakan untuk menampilkan semua perintah yang
berhubungan dengan pengolahan dokumen. Seperti mencetak, menyimpan, dan
sebagainya.
b.
Quick
Acces Toolbar Toolbar ini memiliki 4 tombol perintah, yaitu, save,
undo, redo, excel option.
c.
Tab
Tab adalah bagian yang berbentuk tabulasi dan berisi
sederet grup yang secara otomatis menyesuaikan dengan pekerjaan yang aktif.
d.
Grup
Ini adalah isi dari tab yang berisi beberapa tombol
perintah untuk menjalankan perintah tertentu.
e.
Tombol
Expand Ini berfungsi untuk memunculkan kotak dialog setiap
grup yang berisi berbagai fitur dan perintah.
f.
Title
Bar Merupakan judul lembar kerja yang sedang aktif atau
terbuka.
g.
Ribbon
Option dan Help Ribbon option berguna untuk menetukan tampilan ribbon
yang akan digunakan. Sedangkan help digunakan untuk mencari tutorial penggunaan
Microsoft Excel 2013.
h.
Tombol
Sign In Digunakan untuk melakukan sign in yang nantinya akan
terintegrasi dengan SkyDrive.
i.
Formula
Bar Merupakan sebuah area yang berfungsi untk memasukkan data
input, formula atau rumus.
j.
Lembar
kerja Merupakan tempat untuk mengetik dan mengolah data, serta
memberikan koneten, seperti gambar, tabel, dan lain-lain.
k.
Zoom
level Untuk mengatur ukuran tampilan kerja.
l.
Pengatur
Tampilan Lembar Kerja Untuk mengatur tampilan lembar kerja
dokumen Microsoft Excel 2013.
m.
Insert
New Sheet Merupakan tombol perintrah yang digunakan untuk
menambah worksheet baru ke dalam workbook.
n.
Tabulasi
Sheet Merupakan kartu yang menyimpan beberapa nama worksheet yang
aktif dalam sebuah workbook.
o.
Navigasi
Sheet Berfungsi untuk berpindah antar sheet aktif.
p.
Sel
Adalah
perpotongan antar kolom dan garis.
q.
Range
Sel Merupakan kumpulan dari kolom, baris, dan sel yang
tertampung dalam worksheet.
r.
Pointer
Sel Adalah kursor yang digunakan untuk memilih sebuah sel.
s.
Name
Box Digunakan untuk menampung nama-nama range yang dibuat
dalam Microsoft Excel 2013.
3.
Insert
Online Picture
Fitur baru
ini bisa digunakan untuk menambahkan gambar-gambar yang ada di internet atau
yang ada di SkyDrive dokumen kerja anda.
4.
Share,
Export, dan Account
Ketiga
fitur ini ada di tombol office. Share digunakan untuk membagikan pekerjaan
orang lain dengan menggunakan Email, Post to blog, Save to cloud. Export
mengubah ektensi dokumen pekerjaan anda menjadi PDF/XPS dengan sangat mudah.
Dan account digunakan untuk mengintegrasikan Microsoft excel 2013 dengan
SkyDrive.
Mengganti Tampilan Lembar Kerja
Cara yang digunakan untuk mengganti tampilan lembar
kerja adalah dengan mengklik salah satu tombol pengatur tampilan yang terletak
dibagian bawah lembar kerja.
a.
Normal
Merupakan pilihan default
yang berfungsi untuk menampilkan lembar kerja spreadsheet dengan tampilan
normal.
b.
Page
Layout Ini berfungsi
untuk menampilkan lembar kerja secara utuh, mulai dari bagian header, bagian
footer, objek grafik, dan item-item lain.
c.
Page
Break Preview Berfungsi untuk menampilkan lembar kerja dalam bentuk
preview, serta menampilkan garis batas cetak antar halaman, dan pada setiap
halaman diberi keterangan page 1, page 2, dan seterusnya.
Memilih Sel
Beberapa
perintah untuk memilih sel dalam lembar kerja diantarnya yaitu :
Pilihan
|
Perintah
|
Sel tunggal
|
Klik sel
yang dipilih
|
Range sel
|
Klik sel
pertama dan geser mouse ker sel terakhir
|
Semua sel
dalam worksheet
|
Klik tombol
Sellect All
|
Sel-sel
yang posisinya tidak berurutan (random)
|
Pilih sel
yang pertama, lalu tekan tombol Ctrl sambil memilih sel yang lain.
|
Range sel
yang besar
|
Klik sel
pertama, kemudian tekan tombol shif sambil klik tombol terakhir yang dipilih
dalam range .
|
Satu baris
penuh
|
Klik judul
baris yang dipilih
|
Satu kolom
penuh
|
Klik judul
kolom yang dipilih
|
Bebrapa
baris atau kolom yang urutannya berurrutan
|
Klik judul
baris, geser mouse sampai judul baris yang diinginkan , atau bisa juga
menekan tombol shift.
|
Beberapa
baris atau kolom yang urutannya tidak berurutan
|
Pilih judul
bais, tekan tombol Ctrl sambil memilih judul baris yang lain.
|
Menutup Program Excel 2013
1. Klik
tombol Office > close.
2. Pergi
ke Quick Access Toolbar > Excel Options > close.
3. Tekan
tombol close yang ada di bagian pojok kanan atas lembar kerja.
Input Data
Langkah- langkah untuk memasukkan data dalam
worksheet Excel adalah sebagi berikut :
1. Klik
sel yang akan diisi dengan data.
2. Ketik
data, kemudian tekan enter atau tab untuk memasukkan data tersebut.
3. Tekan
tombol Esc untuk membatalkan proses input data.
Mengenal Jenis Data Input
1. Data
angka
2. Data
teks
3. Data
tunggal dan waktu
4. Data
deret numerik
5. Data
deret teks
6. Data
deret nama bulan dan hari
7. Data
deret tanggal dan waktu
8. Data
deret buatan sendiri
Berikut ini
langkah-langkah membuat data deret sendiri di Microsoft Excel 2013 yaitu :
a. Klik
tombol Office, kemudian pilih Options untuk membuka kotak dialog Excel Options.
b. Pada
kotak dialog Excel Options, pada kolom sebelah kiri, pilih Advanced, dan pada
kolom bagian kanan, pilih Edit Custom List untuk memunculkan kotak dialog
Custom Lists.
Memformat Font pada Data
Langkah-langkah memformat font pada Data yaitu :
1. Pilih
dan blok data yang akan di format
2. Maka
secara otomatis akan muncul tool font
3. Atau
anda bisa pergi ke tab home > Font
Memformat Tabel dengan Border
Langkah-langkah yaitu :
1. Klik
tombol Expand dalam group Font untuk memunculkan kotak dialog
format cells.
2. Pilih
tab Border, tentukan garis border
pada bagian Style.
3. Tentukan
warna pada bagian Color.
4. Pasang
garis-garis bingkai dengan cara klik pada bagian Presets dan Border, lalu
klik OK untuk mengakhiri.
Mengatur Perataan Data
Caranya
yaitu :
1. Klik
tombol Expand dalam grup Alignment untuk memunculkan kotak
dialog Format Cells.
2. Pilih
tab Alignment, Pilih Perintah:
A.
Horizontal digunakan untuk mengatur
perataan secara horizontal dengan beberapa pilihan seperti berikut :
a. General merupakan
format standar data, di mana data teks diformat rata kiri, data numerik rata
kanan dan logical dan eror akan diformat.
b. Left yaitu untuk
meratakan data sel dibagian kiri
c. Center yaitu untuk
meratakan data sel di bagian tengah
d. Right yaitu untuk
meratakan data sel bagian kanan.
e. Fill yaitu untuk
mengulang penulisan data dalam sehingga memenuhi lebar kolom sel telah
dibentuk.
f. Justify yaitu untuk
meratakan data sel di bagian kiri dan kanan
g. Center Accross Selection yaitu
untuk meratakan data teks yang panjang dalam sebuah sel yaitu rata pada bagian
kiri dan kanan sel.
h. Distibuted
yaitu untuk mendistribusikan data dalam sel sehingga tampak rata kiri dan kanan
terhadap kolom.
B.
Vertikal
digunakan untuk mengatur perataan secara vertikal dengan pilihan pengaturan
sebagai berikut :
a. Top
untuk meratakan data selo di bagian atas
b. Center
untuk meratakan data sel di bagian tengah
c. Bottom
untuk meratakan data sel di bagian bawah
d. Justify
untuk meratakan data teks yang panjang dalam sebuah sel, yaitu rata-rata dan
bawah.
e. Distributed
yaitu untuk mendistribusikan data sel sehingga tampak rata atas dan bawah
terhadap baris.
C.
Orientation
untuk mengatur orientasi embaacaan teks
D.
Text
digunakan untuk melipat baris teks yang cukup panjang pada
bagian Degrees.
E.
Shrink
to fit digunakan untuk menyesuaikan ukuran font suatu teks yang
cukup panjangterhadap lebar kolom yang ada.
F.
Merge
cell digunakan untuk menggambungkan beberapa sel menjadi sel
tunggal
Menggunakan Kategori Number
Selain menggunakan tombol-tombol pada grup Number,
anda juga dapat Memformat data dengan menggunakan kotak dialog format cells
pada tab Number. Beberapa Kategori Format yaitu :
a. Number
digunkan untuk memformat angka dengan berbagai pilihan bentuk.
b. Currency
digunakan untuk memformat angka dengan pemisah ribuan koma,dengan menggunakan
simbol mata uang.
c. Accounting
digunakan untuk memformat angka dengan format akuntansi
d. Date
digunakan untuk memformat angka dengan format data tanggal
e. Time
digunakan untuk untuk memformat angka dengan format data waktu
f. Percentage
digunakan untuk memformat angka dengan format persentase
g. Fraction
digunakan untuk memformat angka dengan format angka pecahan
h. Scientific
digunakan untuk memformat angka dengan format ilmiah
i.
Text digunakan untuk memformat data
bertipe numerik menjadi angka dengan format teks sehingga data tersebut akan
menjadi rata kiri.
j.
Special digunakan untuk memformat
angka dengan bentuk format khusus.
Mengenal Operator
Langkah-langkah membentuk rumus excel :
1. Posisikan
pointer sel pada sel yang akan diisi dengan rumus
2. Ketik
tanda sama dengan (=) untuk mengawali rumus dan tuliskan rumus.
3. Tekan
enter untuk mengakhiri rumus.
Anda dapat menjumlahkan serangkaian data pada excel
dengan menggunkan tombol sum yang terdapat pada tab Home dalam grup Editing
atau dengan menekan tombol Alt+=n pada keyboard.tombol sum juga dapat digunakan
untuk proses perhitungan antara lain:
a. Sum
digunakan untuk menghitung jumlah total dari serangkaian data angkaa paada
suatu range sel
b. Average
digunakan untuk menghitung rata-rata dari serangkaian data angka pada suatu
range sel.
c. Min
digunakan untuk mencari nilai terkecil dari serangkaian data angka pada suatu
rang sel.
d. Max
digunakan untuk mencari nilai terbesar dari serngkaian data angka angka pada
suatu range sel.
e. Count
digunakan untuk menentukan jumlaah data yang ada pada suatu range sel.
Membuat Grafik
Langkah-laangkah membuat grafik :
1. Blok
data yang akan digunakan sebagai sumber grafik
2. Pergi
ke insert > chart.
3. Pilih
salah satu tipe grafik.
Untuk
memodifikasi grafik, aanda bisa pergi ke Chart Tool dalam tab Design dan Format
yang secara otomatis akan muncul saat anda mengaktifkan grafik.
Mengganti Tipe Grafik
Langkah-langkaah mengganti tipe grafik yaitu :
1. Pilih
objek grafik yang akan diubah.
2. Pergi
ke Desugn > Type > Change Chart Type.
3. Pilih
salah satu tipe grafik, lalu pilih Ok
Mencetak Laporan
Untuk
mendapatkan hasil cetakan yang bagus, sebaiknya anda pergi ke layar preview
untuk mengetahui segala kekurangan dalam laporan sebelum benar-benar
dicetak.anda bisa pergi ke tombol Office > Print. Pada bagian sebelah kanan,
anda bisa melihat preview laporan anda.
Mengatur Setup Halaman
Anda bisa pergi ke tab Insert dan klik pada tombol
Expand pada group Page Setup, atau dengan pergi ke tombol Office > Print
> Page Setup untuk memunculkan kotak dialog Page Setup sebelum melakukan
pencetakan.
Keterangan:
a. Tab
Page digunakan untuk mengatur orientasi, skala pencetakkan dan ukuran kertas
yang akan digunakan.
b. Tab
Margin digunakan untuk mengatur batas area pencetakan dan posisi dokumen.
c. Tab
Header/Footer digunakan untuk menambahkan judul kepala dan catatan kaki pada
dokumen.
d. Tab
Sheet digunakan untuk menentukan area percetakan urutan pencetakan dan pilihan
pencetakan.
Mencetak Worksheet
Langkah-langkah mencetak dokumen ke printer :
1. Pergi
ke tombol Office > Print
2. Pilih
halaman yang akan anda print
Keterangan :
a. Print
Active Sheet digunakan unttuk mencetak sheet yang aktif saja
b. Print
Entire Workbook digunakan untuk mencetak keseluruhan workbook
c. Print
Selection digunakan untuk mencetak sheet terpilih.
d. Isi
beberapa salinan halaaman yang ingin aanda cetak pada kolom Copies.
e. Pilih
tombol Print untuk mulai mencetak.
III.
Keunggulan dan Kelemahan Buku
A.
Keunggulan
1.
Keterkaitan antar Paragraf
Keterkaitan
materi antara paragraf satu dengan yang lainnya saling berkaitan. Penyusunan
materi yang rapi dan saling terkait misalnya, pada pembahasan sub judul akan
dijabarkan lagi fungsi-fungsi tools-tools yang tergabung kedalam menu-menu tersebut.
Selain itu menu-menu tersebut diurutkan secara sistematis dan logis.
2.
Originalitas
Isi Buku
Pada
aplikasi microsoft excel 2013 adalah aplikasi terbaru dalam dunia
komputerisasi, dalam aplikasi baru lebih lengkap dan lebih bagus dalam
pengolahan angka. Karena ini termasuk temuan terbaru sehingga bisa dijadikan
referensi terbaru.
3.
Kemutakhiran Isi Buku
a)
Pembahasan yang disuguhkan pada
bab ini dinilai masih
memiliki kemutakhiran atau hubungan yang erat, karena seiring dengan
perkembangan zaman maka IPTEK juga turut berkembang.
b)
Sehubungan dengan luasnya
kegiatan manusia modern pada zaman sekarang dirasakan perlu adanya pengetahuan
yang terbaru, maka Ms Excel 2013 ini sangat cocok untuk digunakan.
c)
Kemutakhiran isi bab pada buku ini,
juga dapat dilihat dari materi yang disajikan yang mengenai penggunaan
Ms. Excel 2013 karena keluaran komputer-komputer terbaru, pada umumnya sudah
mulai beralih ke Microsoft Office 2013.
4.
Kelengkapan Isi Buku
a) Buku
ini dinilai telah memiliki kelengkapan
yang baik, termasuk kelengkapan isi yang terdapat pada Microsoft Excel, dimana
penulis menyajikan pembahasan dan materi sejelas dan serinci mungkin agar
pembaca dapat dengan mudah memahami dan mempelajari setiap materi yang
terkandung dalam bab ini.
b) Selain itu, bab yang ada di dalam buku ini juga disertai dengan berbagai macam gambar, tabel beserta
penjelasannya yang bertujuan untuk mempermudah pembaca apabila ingin langsung
mempraktekkannya.
B.
Kelemahan
1.
Keterkaitan antar Paragraf
Paragraf yang
tergabung dalam bab ini dinilai sudah memiliki kegayutan
yang baik dan sistematis dan logis sehingga, tidak ditemukan bagian yang tidak
berhubungan atau dengan kata lain paragraf-paragraf yang terdapat dalam buku ini
sangat berkesinambungan dengan subjudul yang membatasinya.
2.
Originalitas
Isi Buku
Isi buku ini
dinilai masih sangat mutakhir baik dari segi materi maupun dari segi
pembahasan. Selain itu, materi Microsoft Excel ini
juga merupakan keluaran terbaru dan terakhir hingga saat ini jadi tidak ada
kelemahannya dalam aspek yang satu ini.
3.
Kemutakhiran Isi Buku
Pada
kemutakhiran isi buku ini kami juga menganggap bahwa buku ini masih sangat layak dan mutakhir untuk dipakai dalam
mempelajari penggunaan Microsoft Excel 2013.Selain itu semua yang disajikan
dalam bab ini masih ada kaitannya dengan kemajuan teknologi untuk mengikuti
perkembangan zaman modern ini.
4.
Kelengkapan Isi Buku
Pada dasarnya bab yang terdapat dalam buku
ini telah disajikan selengkap mungkin,
sehingga secara keseluruhan buku ini dinilai telah memilki kelengkapan isi yang baik serta menarik
untuk dibaca, dipelajari serta diterpkan langsung dalam pembelajaran atau
penggunaan komputer yang telah menggunakan Microsof Office 2013 khususnya
Microsoft Excel 2013.
IV.
Implikasi
A.
Terhadap
Teori
Buku ini
sudah berisikan teori dan konsep yang sesungguhnya ada pada Ms. Exel. Jadi buku
ini sudah dapat digunakan sebagai buku pegangan bagi mahasiswa yang hendak
mempelajari bagaimana penggunaan Ms. Office Exel 2013. Dalam buku ini
dijelaskan juga dengan menggunakan gambar dan tabel serta penjelasan setiap
tools yang ada, jadi kita tidak akan meraba-raba jika hendak melakukan sesuatu
yang menggunakan perintah hanya dengan menyebutkan nama tools nya.
B.
Program Pembangunan di Indonesia
Implikasi
terhadap program pembangunan Indonesia sebenarnya lebih terkhusus kepada
aplikasi yang dibahas di dalam buku ini, yaitu program Ms. Office Exel. Aplikasi ini sangat berguna dalam
program pembangunan di Indonesia. Program ini sangat banyak digunakan di semua
instanti sebagai pengolah data yang ada.
Baik itu instansi pemerintah atau swasta. Ada begitu banyak kebutuhan
yang menggunakan aplikasi pengolah angka dan juga data di Indonesia, namun
aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi yang paling bermanfaat bagi kebanyaak
program di Indonesia, karena dapat mempermudah pekerjaan penyusunan data,
perhitungan, dan pengolahan juga.
Jadi, dengan
kata lain buku ini sudah sangat membantu kita untuk melakukan pemajuan
pembangunan negeri kita, karena dengan mempelajari buku ini kita dapat lebih
mengerti bagaimana cara menggunakan Ms. Office 2013, dan dapat lebih mudah
mengaplikasikannya dalam berbagai hal untuk menyelesaikan tugas-tugas.
C.
Analisis Kritis
Buku ini
sangat bermanfaat untuk dapat mempelajari bagaimana cara penggunaan aplikasi
Ms. Exel 2013, karena dengan membaca buku ini kita dapat memahami dan mengerti
bagaimana menggunakan dan menjalankan aplikasi Ms. Exel 2013. Terutama lagi
progra Ms. Exel 2013 merupakan program yang terbaru, dan masih banyak yang
belum lancar dan paham bagimana penggunaannya. Walau demikian, fungsi
penggunaan Exel 2013 tidaklah berbeda jauh dengan Exel 2010 maupun 2007. Namun
tetap kita harus mengikuti perkembangan jaman, agar dapat lebih memudahkan
pekerjaan kita dalam penggunaan alat alat elektronik di dunia digital ini.
V.
Kesimpulan dan Saran
Secara umum, dalam buku menjelaskan secara rinci
mengenai aplikasi microsoft excel yang berfokus pada pengolahan angka, dala
buku juga menjelaskan icon-icon yang terdapat dalam microsoft excel. Penyajian
materi juga memuat contoh gambar yang sedang dijelaskan, seperti pemberian
gambar icon sel lalu dibarengi dengan penjelasan serta fungsinya. pada buku
juga memberikan informasi cara cepat dalam pengolahan angka pada microsoft
excel dengan rumus yang lebih memudahkan pekerjaan.
Secara umum kelemahan buku ini
adalah contoh gambar yang dimuat tidak diberikan secara utuh, seharusnya dalam
pemberian contoh memberikan penjelasan gambar secara utuh dan tidak
terpotong-potong. Atau dapat diberikan contoh dalam pembuatan lembar kerja dan
menjelaskan secara satu persatu sehingga memudahkan pemahaman materi.
Dari semua keunggulan dan kekurangan buku tersebut
dapat disimpulkan bahwa secara umum buku ini sudah
memenuhi syarat penyajian sebuah buku, serta memuat materi dan pembahasan yang
menarik. Buku ini sangat cocok untuk dijadikan panduan
dalam mempelajari penggunaan Microsoft Office 2013.
DAFTAR
PUSTAKA
Suryadi Matius Tomy.2013.Microsoft office 2013. CV.ANDI OFFSET:Yogyakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar