Minggu, 27 November 2016

CONTOH KRITIK JURNAL KOMPUTER / Critical Journal Riview

APLIKASI  DASAR  KOMPUTER

CRITICAL JOURNAL RIVIEW
“PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN”
DAN
“PEGGUNAAN KOMPUTER DALAM  PENGAJARAN, PEMBELAJARAN DALAM  KALANGAN  GURU SEKOLAH  MENENGAH”

Dibimbing Oleh
Dr.Arnita M.Si

Disusun Oleh Kelompok V
Cesilia Giovanni Butarbutar
Tri Lande
Ulfa Afriandini
Dilla Fransiska
Yullia Ulfa



REGULER B PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2016/2017





DAFTAR ISI

Daftar Isi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                     1
I.                   Pengantar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                     2
II.                Ringkasan artikel/hasil penelitian 1 dan 2
a)      Ringkasan artikel/hasil penelitian 1 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                    3
b)     Ringkasan artikel/hasil penelitian 2 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                    5
III.             Keunggulan dan Kelemahan penelitian 1 dan 2
a)      Keunggulan dan Kelemahan penelitian 1 . . . . . . . . . . . . . . . . .                   7
b)     Keunggulan dan Kelemahan penelitian 2. . . . . . . . . . . . . . . . .                    8
IV.             Perbandingan Artikel 1 dan 2 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                    10
V.                Implikasi Terhadap
a)      Teori . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                   11
b)     Program Pembangunan di Indonesia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                    11
c)      Pembahasan dan Analisis . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                   11
VI.             Kesimpulan dan Saran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                     12
Daftar Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .                    13







I.                   Pengantar
       Agaknya tidak ada kata lain yang lebih utama untuk  Kami ucapkan selain puji dan syukur Kami kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat, karunia dan hidayah-Nya. Sehingga, Kami mampu menyelesaikan tugas Journal Review atau tinjauan kritis jurnal/hasil penelitian ini. Journal Review ini Kami  susun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer pada Semester 1 pada program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Medan. Kami berharap semoga Journal Review atau tinjauan kritis jurnal/hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa khususnya prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun Artikel di dalam jurnal yang akan kami Riview  adalah sebanyak dua buah yang masing-masing berjudul“PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi” di dalam Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan dan Artikel yang berjudul “Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalamm Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang” di dalam Jurnal Kajian Malaysia, Vol. XXIV, No. 1 & 2, 2006
Journal Review ini disusun untuk membahas tentang ringkasan Artikel, keunggulan dan kelemahan Artikel dari segi kegayutan antar elemen, originalitas temuan, kemutakhiran masalah dan kohesi dan koherensi isi penelitian. Journal Review ini juga membahas tentang perbandingan Artikel 1 dan 2 dan juga implikasi terhadap teori, Program Pembangunan di Indonesia, pembahasan dan analisis serta kesimpulan dan juga saran.
       Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah Journal Review atau tinjauan kritis jurnal/hasil penelitian ini masih terdapat banyak kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu Kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca terutama oleh Ibu Dr. Arnita, M.Si selaku Dosen pengampu mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer di Universitas Negeri Medan tepatnya di kelas Reguler B 2016.


Medan, Oktober  2016


Penyusun




II.                Ringkasan Artikel/Hasil Penelitian
a.      Ringkasan Artikel/Hasil Penelitian 1
1.      Judul artikel                    : PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi
2.      Penulis artikel                  : Maria Ulfah
3.      Nama jurnal                    : Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan
4.      Volume jurnal                 : 12 No 1
5.      Tahun terbit jurnal         : Januari- April 2007
6.      Latar Belakang               : Di antara beraneka macam media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah komputer, karena teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini menjadikan perkembangan teknologi komputer sangat cepat. Hal ini akan berakibat adanya pergeseran pandangan masyarakat yang menjadikan komputer sebagai alat bantu esensial bagi kehidupannya. Dunia pendidikanpun harus mampu mengantisipasi perubahan tersebut, salah satu caranya menjadikan komputer sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.
7.      Rumusan Masalah          :
 a. Komputer sebagai Media Pembelajaran
 b. Bagaimana Model Pembelajaran dengan Media Komputer di Perguruan Tinggi
8.      Tujuan Penelitian            :
Dalam penggunaan  media diharapkan terjadi interaksi antara dosen dengan mahasiswa secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan.
9.      Teori-teori yang digunakan :
1.      Pada judul Model Pembelajaran dengan Media Komputer di Perguruan Tinggi, tidak menggunakan teori melainkan lebih mengutamakan pemakaian pendapat dari para ahli-ahli. Para ahli yang digunakan dalam judul ini adalah:Kulik dkk, Willett & Netusil, dan Atkinson.
2.      Juga memuat bagaimana simulasi, pada bagian simulasi dapat ditemui pada model simulasi ini selalu bersifat exploratory.pada bagian kedua yaiu latihan dan praktik lebih mengutamamakan penjelasan tanpa menggunakan pandangan dan teori. Pada bagia ketiga mengenai hiperteks dan hipermedia juga hanya memaparkan penjelasannya saja tanpa mengemukakan pendapat ahli ataupun penggunaan teori. Dan pada bagian terkahir, yaitu pada bagian empat mengenai tutorial, dalam materi atau artikel ini juga hanya memberikan penjelasan saja tanpa teori. Namun, dalam materi ini juga menjelaskan bagaiman peranan komputer pada mahasiswa.
10.  Metode penelitian yang digunakan:
Dapat dilihat secara jelas bahwa penggunaan metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode survei terhadap kasus yang sedang diteliti. Itu dapat terlihat karena pada setiap pembahasan memberikan penjelasan dan keadaan asli dilapangan. Masalah yang diteliti adalah manfaat dari komputer sebagai media pembelajaran yang berfungsi untuk mempermudah proses pembelajaran antar dosen dan mahasiswa. Adapun objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa serta dosen.
11.  Hasil Penelitian                                :      
Kegiatan belajar peserta didik dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media.2 Dengan media diharapkan terjadi interaksi antara dosen dengan mahasiswa secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan. Banyak ahli pendidikan yang berpendapat bahwa komputer sebagai media pembelajaran memiliki potensi yang sangat besar untuk membantu proses pendidikan.Komputer sebagai media teknologi merupakan alat yang cukup strategis untuk dapat membantupembelajaran di perguruan tinggi. Namun demikian, di samping berbagai keunggulan komputerdalam pembelajaran yang telah banyak disinggung di atas, perlu diantisipasi juga beberapaketerbatasan dan kelemahan komputer dalam membantu pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan instruksional yang telah digariskan sebelumnya dan menghasilkan mahasiswa berkualitas.
12.  Simpulan                         :
1.      Penggunaan media atau alat-alat berteknologi modern seperti komputer di dalam perkuliahan tentu tidak bermaksud mengganti cara mengajar yang baik melainkan untuk melengkapi dan membantuparadosendalammenyampaikanmateri.Halinimenuntutdosenuntuklebih profesional dalam pengorganisasian pembelajaran dan meningkatkan kompetensinya agar mampu menyerap pemanfaatanteknologikomputer dalamperkuliahan.
2.      Komputersebagaimediateknologimerupakanalatyangcukupstrategisuntukdapatmembantu pembelajaran di perguruan tinggi. Namun demikian, di samping berbagai keunggulan komputer dalam pembelajaran yang telah banyak disinggung di atas, perlu diantisipasi juga beberapa keterbatasan dan kelemahan komputer dalammembantu pembelajarandi perguruan tinggi. Halini agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan instruksional yang telah digarisksebelumnyadanmenghasilkanmahasiswaberkualitas. Membantuparadosendalammenyampaikanmateri.
b. Ringkasan Artikel/Hasil Penelitian 2
1.      Judul artikel                   : Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang .
2.      Penulis artikel                 : Abdul Wahab Ismail Gan, Kamaliah Hj. Siara, Hasrina Mustaf
3.      Nama jurnal                   : Kajian Malaysia
4.      Volume jurnal                : XXIV, No. 1 & 2
5.      Tahun terbit jurnal        : 2006
6.      Latar Belakang              : Dalam bidang pendidikan, usaha mempertingkatkan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran terus dipergiatkan bagi melahirkan generasi muda yang celik komputer dan sentiasa peka dengan perkembangan teknologi semasa. Selaras dengan kesungguhan kerajaan menggalakkan penggunaan           komputer dalam     bidang pendidikan, adalah wajar satu kajian dilakukan untuk mengetahui tahap penggunaan komputer bagi pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Justeru itu, satu kajian kes dijalankan di tiga buah sekolah menengah Pulau Pinang.
7.      Rumusan Masalah         :
H1 : Terdapat perbezaan yang signifikan di antara guru lelaki dan perempuan dari segi penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H2 : Terdapat perbezaan yang signifikan antara kategori umur dari segi penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H3 : Terdapat perbezaan yang signifikan antara mata pelajaran major yang diajar dari segi penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H4 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara pengetahuan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H5 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara sikap dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H6 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara personaliti dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H7 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara sokongan organisasi dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H8 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara faedah relatif dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H9 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara kesepadanan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H10 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara ketidakrumitan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H11 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara kebolehcubaan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H12 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara keteramatan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
8.      Tujuan Penelitian                  :
Tujuan peneitian ini untuk mengetahui mengenai penggunaan komputer dalam pengajaran, pembelajaran dalam kalangan Guru sekolah menengah : satu kajian di Pulau Pinang
9.      Teori-teori yang digunakan:
Dalam penelitian jurnal  ini menggunakan hasil dari survei. Terbukti pada penjelasan yang ada paad jurnal banyak memberikan hasil dari tinjauan langsung atau survei pasa studi kasus yang dijalani.
10.  Metode penelitian yang digunakan:
Kajian ini menggunakan kaedah tinjauan..Sampel kajian terdiri atas guru-guru yang dipilih dari tiga sekolah menengah pada daerah Timur Laut Pulau Pinang iaitu SMK Datuk Hj. Mohd. Nor Ahmad (Gelugor), SMK Bukit Gambir (Bukit Gambir) dan SMK Abdullah Munshi (Jalan P. Ramlee). kajian yang digunakan adalah berbentuk deskriptif dan kuantitatif
11.  Hasil Penelitian                      : Keputusan kajian mendapati bahawa tiada perbezaan yang signifikan antara guru lelaki dan perempuan, antara kategori umur dan antara mata pelajaran major yang diajar dari segi penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran. Faktor tahap pengetahuan, sikap, personaliti, sokongan organisasi dan sifat-sifat inovasi komputer (faedah relatif, kesepadanan, kerumitan, kebolehcubaan dan keteramatan) didapati mempengaruhi penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru.
12.  Simpulan                                :  Secara umumnya dapatlah dirumuskan bahawa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi, personaliti guru, dan sokongan organisasi amat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Di samping itu faktor demografi seperti jantina, umur dan mata pelajaran major yang diajar didapati tidak mempengaruhi penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.


III.             Keunggulan dan Kelemahan penelitian 1 dan 2
a.      Keunggulan dan Kelemahan penelitian 1
(PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi )
No
Aspek
Keunggulan
Kelemahan
1.
Kegayutan antar elemen
Penulis dengan baik menyajikan materi ini secara berkesinambungan dan telah menguraikan materinya dari awal tantang media pembelajaran menggunakan komputer hingga akhir yang menjelaskan kembali tentang media pembelajaran  tersebut.
Penulis hanya memaparkan kegunaan dan manfaat komputer dalam pengajaran  serta model pembelajaran dengan media computer di perguruan tinggi  saja.
2.
Originalitas temuan
a.       Pada artikel tersebut terlampir data-data yang berdasarkan pemikiran alternatif pendidikan dan hasil penelitian.
b.      Artikel ini juga mengikutsertakan pendapat ahli tentang media pembelajaraan komputer.
Data-data yang terlampir pada artikel tersebut tidak secara detail dipaparkan.
3.
Kemuktahiran masalah
Materi yang terdapat di dalam artikel  ini sangat bagus untuk diketahui dan di baca , karena artikel ini membahas permasalahan yang masih mutakhir dan sesuai dengan zaman sekarang, isinya juga masih terbilang memiliki kaitan yang erat dengan penggunaan komputer sebagai media pembelaaran yang nyatanya masih dipakai sampai saat ini. Artikel ini juga membahas tentang kegunan dan manfaat dari media pembelajaraan Komputer, serta model pembelajaran dengan media Komputer di perguruan tinggi secara jelas.
Artikel  ini sudah muktahir, hanya saja artikel ini lebih banyak mencantumkan teori berdasarkan pemikiran bukan berdasarkan hasil penelitian.

4.
Kohesi dan Koherensi isi penelitian
Penulis mampu menghubungkan setiap kata-kata dalam setiap paragraf tersebut sehingga menjadi kalimat yang baik dan bagus dan memberikan kesan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu penulis juga berhasil merangkai dan menyusun pembahasan secara sistematis dan terstruktur, sehingga dari bagian satu ke bagian yang lain masih memiliki hubungan yang erat.
Pada artikel tersebut, di pendahuluan hanya membahas kegunaan dan manfaat media pembelajran computer saja, tetapi di pembahasan ada dipaparkan model pembelajaran dengan media computer di perguruan tinggi.Menurut kami pembahasannya sedikit tidak menyambung.

b.      Keunggulan dan Kelemahan penelitian 2
(Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang .)
No
Aspek
Keunggulan
Kelemahan
1.
Kegayutan antar elemen
Pada artikel yang kami bahas, dinilai bahwa artikel ini memiliki keistimewaan karena memiliki keterkaitan yang apik antar kalimat satu dengan kalimat lain, paragraf satu dengan paragraf lain serta pembahasan satu dengan pembahasan yang lain.
Dari elemen kita bisa menemukan kelemahannya sedikit, dimana elemen-elemen di dalam jurnal tersebut hanya sebagai contoh dan bahan penjelasan dan tidak menjadi bahan penelitian lain sperti memberikan contoh dalam menghubungkan satu elemen dengan elemen yang berkaitan.
2.
Originalitas temuan
Temuan-temuan dalam penggunaan dan pemanfaatan komputer dapat kita lihat dari adanya pergeseran pandangan masyarakat yang menjadikan komputer sebagai alat bantu esensial bagi kehidupan.
Artikel dapat dilihat kekurangannya seperti kurangnya contoh dan terapan dari penggunaan komputer sebagai media pendidikan, hal ini tentunya membuat pembaca sulit untuk menerapkan temuan ini.
3.



No
Kemuktahiran masalah


Aspek
Beberapa Model pembelajaran yang dicantumkan dalam artikel ini memang dapat di benarkan karena masih dapat diterapkan sampai sekarang. Masalah-
Keunggulan
Masalah yang ada pada artikel tersebut yaitu Adanya kebebasan mengakses informasi melalui hipermedia menimbulkan beberapa masalah baru
Kelemahan


masalah yang ditimbulkan dalam penggunaan komputer yaitu Hiperteks merupakan rangkaian jaringan memori dari para pakar atau pengajar yang menggunakan hiperteks. Hal ini mengakibatkan pikiran mahasiswa tersusun secara sistematis sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembangun hiperteks.
di antaranya adalah mahasiswa kadang merasa kesulitan melihat hubungan di antara bermacam-macam materi yang disajikan sehingga mengakibatkan kegagalan dalam memperoleh intisari materi
4.
Kohesi dan Koherensi isi penelitian
Kohesi yaitu adanya keterkaitan antar antarunsur yang timbul dalam menggunakan komputer, dalam artikel ini merupakan artikel yang menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran dengan media komputer lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan media tradisional. Kulik dkk., dari hasil penelitiannya mengatakan bahwa siswa yang menggunakan komputer selama 10 menit/hari dalam belajar matematika, mendapatkan hasil yang secara signifikan lebih baik daripada siswa yang tidak mengakses komputer sama sekali. Sementara itu Willett & Netusil mengatakan bahwa siswa yang dilatih dengan menggunakan komputer dalam belajar kunci musik juga mendapatkan hasil yang secara signifikan lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan komputer.Kohensi yaitu uraian atau pandangan sehingga bagian artikel ini saling berkaitan satu sama lain.Jadi koherensi yang ada pada artikel ini dibuat karena adanya sebab dalam penggunaan da pemanfaat komputer,artikel ini juga memiliki fakta yang benar adanya.
Dari keterkaitan Hubungan dan penjelasan gagasan yang ada juga teori yang ada pada jurnal tersebut hanya sedikit saja kekuranganya seperti kurangnya penjelasan secara rinci, dengan sedikitnya kekurangan dalam segi kohesi dan koherensi membuat poin menjadi keunggulan dalam artikel



IV.             Perbandingan Artikel 1 dan 2

Pada artikel 1 “PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi” lebih memaparkan mengenai materi dan tidak melakukan penelitian sendiri melainkan hanya mengambil dari penelitian sebelumnya, materi dan pembahasan yang dibahas dalam artikel ini juga terbilang sederhana dan sedikit jika dibandingkan dengan artikel 2 “Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang”  yang memaparkan tentang penelitiannya langsung mengenai pembahasan yang sesuai dan data yang relevan yang diperoleh dari lapangan berdasarkan hasil penelitian, materi dan pembahasannya juga lebih banyak dan luas dengan disertai data-data yang akurat dan juga mencantumkan teori-teori dari para ahli. Hal ini tentunya menjadikan artikel 2 “Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang”  lebih unggul jika dibandingkan dengan artikel 1 PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi.
Selain itu jika dilihat dari aspek kemutakhiran masalah pada artikel 1 “PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi” sudah muktahir, hanya saja artikel ini lebih banyak mencantumkan teori berdasarkan pemikiran bukan berdasarkan hasil penelitian srdangkan pada artikel 2 “Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang” lebih memaparkan tentang hasil penelitian, namun juga tidaj meninggalkan teori dari para ahli an sumber-sumber lain yang relevan.




V.                Implikasi Terhadap
a)      Teori
 Jurnal internasional yang digunakan sudah memaparkan  teori-teori yang ada di sampaikan oleh ahli-ahli yang ada di Malaisya. Teori yang disampaikan juga sudah sesuai dengan fakta yang ada, bahwa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi, personaliti guru, dan sokongan organisasi amat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Dan hal itu dibuktikan dengan teori dan hasil penelitian yang  dipaparkan secara rinci, baik menggunakan angka persetase, dan juga tabel hasil penelitian yang rici.

b)     Program Pembangunan di Indonesia
Jika program pembelajaran berbasis komputer dilaksanakan di Indonesia secara meneyeluruh, dan bukan hanya maka di perguruan tinggi saja, maka Negara Indonesia kita ini akan terus mengalami kemajuan yang pesat terutama salam hal pembangunan karena semakin bisa orang-orang menggunakan aplikasi komputer, maka semakin maju pula lah pemikian manusia itu. Dan dari hal itu proses pembangunan akan terus berlajan lebih cepat lagi. 

c)      Pembahasan dan Analisis
Kedua jurnal tersebut sudah  memaparkan pembahasannya masing-masing, dan jurnal inernasional yang digunakan lebih memaparkan analisis yang ada beserta data hasil analisisnya dengan lengkap. Namun jurnal Indonesia yang ada memaparkan pembahasannya, anamun tidak begitu dengan analisisnya. Analisis yang ada pada jurnal nasional tersebut hanya menganalisis secara menyeluruh yang ada pada perguruan tinggi, dan tidak menspesifik kan perguruan tinggu mana yang dianalisi. Pada pendahuluan , jurnal nasional ini memberikan permisalan adalah Universitas Terbuka (UT), namun itu hanya sedikit gambaran saja.

  



VI.             Kesimpulan dan Saran
Setiap Artikel memiliki keunggulan dan Kelemahan. Pada artikel 1 “PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi” lebih memaparkan mengenai materi dan tidak melakukan penelitian sendiri melainkan hanya mengambil dari penelitian sebelumnya, materi dan pembahasan yang dibahas dalam artikel ini juga terbilang sederhana dan sedikit jika dibandingkan dengan artikel 2 “Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang”  yang memaparkan tentang penelitiannya langsung mengenai pembahasan yang sesuai dan data yang relevan yang diperoleh dari lapangan berdasarkan hasil penelitian, materi dan pembahasannya juga lebih banyak dan luas dengan disertai data-data yang akurat dan juga mencantumkan teori-teori dari para ahli.
Artikel 2 lebih unggul daripada artikel 1 baik dari segi pembahasan maupun kelengkapan materi. Artikel 2 lebih cocok digunakan untuk pembelajaran. Namun artikel 1 juga baik untuk menambah pengetahuan
.





Daftar Pustaka
Ulfa, M. (2007). PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. 57-65

Wahab Ismail Gan, Abdul. Kamaliah Hj Siara dan Hasrina Mustaf . (2006). Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang . Kajian Malaysia. 203-225








Tidak ada komentar:

Posting Komentar