APLIKASI DASAR KOMPUTER
CRITICAL JOURNAL RIVIEW
“PENGGUNAAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN”
DAN
“PEGGUNAAN KOMPUTER DALAM PENGAJARAN, PEMBELAJARAN DALAM KALANGAN GURU SEKOLAH MENENGAH”
Dibimbing Oleh
Dr.Arnita M.Si
Disusun Oleh Kelompok V
Cesilia Giovanni Butarbutar
Tri Lande
Ulfa Afriandini
Dilla Fransiska
Yullia Ulfa
REGULER B PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2016/2017
DAFTAR ISI
Daftar Isi. . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . 1
I.
Pengantar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . 2
II.
Ringkasan artikel/hasil penelitian 1 dan 2
a) Ringkasan artikel/hasil penelitian 1 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 3
b) Ringkasan artikel/hasil penelitian 2 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 5
III.
Keunggulan dan Kelemahan penelitian
1 dan 2
a) Keunggulan dan Kelemahan penelitian 1 . . . . . . . . . . . . .
. . . . 7
b) Keunggulan dan Kelemahan penelitian
2. . . . . . .
. . . . . . . . . . 8
IV.
Perbandingan Artikel 1 dan 2 . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . 10
V.
Implikasi Terhadap
a) Teori . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 11
b) Program Pembangunan di
Indonesia . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 11
c) Pembahasan dan Analisis . .
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . 11
VI.
Kesimpulan dan Saran. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . . . . . 12
Daftar
Pustaka . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
. . . . 13
I.
Pengantar
Agaknya tidak ada kata lain yang lebih
utama untuk Kami ucapkan selain puji dan
syukur Kami kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan rahmat, karunia
dan hidayah-Nya. Sehingga, Kami mampu menyelesaikan tugas Journal
Review atau tinjauan kritis jurnal/hasil
penelitian
ini. Journal Review ini Kami susun untuk memenuhi salah satu tugas mata
kuliah Aplikasi Dasar Komputer pada Semester 1 pada program studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri
Medan. Kami berharap semoga Journal Review atau tinjauan kritis jurnal/hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi
Mahasiswa khususnya prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Adapun
Artikel di dalam jurnal yang akan kami Riview adalah sebanyak dua buah yang masing-masing
berjudul“PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi”
di dalam Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan dan
Artikel yang berjudul “Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran
dalamm Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang” di
dalam Jurnal Kajian Malaysia,
Vol. XXIV, No. 1 & 2, 2006
Journal
Review ini
disusun untuk membahas tentang ringkasan Artikel, keunggulan dan kelemahan
Artikel dari segi kegayutan antar elemen, originalitas
temuan, kemutakhiran masalah dan kohesi dan koherensi isi
penelitian. Journal Review ini juga membahas tentang perbandingan Artikel 1 dan 2 dan juga
implikasi terhadap teori, Program Pembangunan di Indonesia, pembahasan dan
analisis serta kesimpulan dan juga saran.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah Journal
Review atau tinjauan kritis jurnal/hasil
penelitian
ini masih terdapat banyak kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu Kami
mengharapkan kritik dan saran dari pembaca terutama oleh Ibu Dr. Arnita, M.Si
selaku Dosen pengampu mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer di Universitas Negeri
Medan tepatnya di kelas Reguler B 2016.
Medan, Oktober 2016
Penyusun
II.
Ringkasan Artikel/Hasil Penelitian
a.
Ringkasan Artikel/Hasil Penelitian 1
1. Judul artikel :
PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi
2.
Penulis
artikel : Maria Ulfah
3.
Nama jurnal : Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan
4.
Volume
jurnal : 12 No 1
5.
Tahun
terbit jurnal : Januari- April
2007
6.
Latar
Belakang : Di antara beraneka macam media pembelajaran yang dapat
digunakan dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah komputer, karena
teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini menjadikan perkembangan
teknologi komputer sangat cepat. Hal ini akan berakibat adanya pergeseran pandangan masyarakat yang
menjadikan komputer sebagai alat bantu esensial bagi kehidupannya. Dunia pendidikanpun
harus mampu mengantisipasi perubahan tersebut, salah satu caranya menjadikan
komputer sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran.
7.
Rumusan
Masalah :
a. Komputer sebagai Media Pembelajaran
b. Bagaimana Model Pembelajaran dengan Media Komputer di Perguruan Tinggi
8.
Tujuan
Penelitian :
Dalam
penggunaan media diharapkan terjadi
interaksi antara dosen dengan mahasiswa secara maksimal sehingga dapat mencapai
hasil belajar yang sesuai dengan tujuan.
9.
Teori-teori
yang digunakan :
1.
Pada
judul Model Pembelajaran dengan Media Komputer di Perguruan Tinggi, tidak
menggunakan teori melainkan lebih mengutamakan pemakaian pendapat dari para
ahli-ahli. Para ahli yang digunakan dalam judul ini adalah:Kulik dkk, Willett & Netusil, dan Atkinson.
2.
Juga memuat bagaimana simulasi, pada
bagian simulasi dapat ditemui pada model simulasi
ini selalu bersifat exploratory.pada
bagian kedua yaiu latihan dan praktik lebih mengutamamakan penjelasan tanpa menggunakan pandangan dan teori. Pada bagia
ketiga mengenai hiperteks dan hipermedia juga hanya memaparkan penjelasannya
saja tanpa mengemukakan pendapat ahli ataupun penggunaan teori. Dan pada bagian
terkahir, yaitu pada bagian empat mengenai tutorial, dalam materi atau artikel
ini juga hanya memberikan penjelasan saja tanpa teori. Namun, dalam materi ini
juga menjelaskan bagaiman peranan komputer pada mahasiswa.
10. Metode penelitian yang digunakan:
Dapat dilihat
secara jelas bahwa penggunaan metode penelitian yang digunakan adalah dengan
metode survei terhadap kasus yang sedang diteliti. Itu dapat terlihat karena
pada setiap pembahasan memberikan penjelasan dan keadaan asli dilapangan.
Masalah yang diteliti adalah manfaat dari komputer sebagai media pembelajaran
yang berfungsi untuk mempermudah proses pembelajaran antar dosen dan mahasiswa.
Adapun objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa serta dosen.
11. Hasil Penelitian :
Kegiatan belajar peserta didik dengan bantuan media akan
menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan
media.2 Dengan media diharapkan terjadi interaksi antara dosen dengan mahasiswa
secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan
tujuan. Banyak ahli pendidikan yang berpendapat bahwa komputer sebagai media
pembelajaran memiliki potensi yang sangat besar untuk membantu proses
pendidikan.Komputer sebagai media teknologi merupakan alat yang cukup strategis
untuk dapat membantupembelajaran di perguruan tinggi. Namun demikian, di
samping berbagai keunggulan komputerdalam pembelajaran yang telah banyak
disinggung di atas, perlu diantisipasi juga beberapaketerbatasan dan kelemahan
komputer dalam membantu pembelajaran di perguruan tinggi. Hal ini agar proses
pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan instruksional yang telah digariskan sebelumnya
dan menghasilkan mahasiswa berkualitas.
12. Simpulan :
1.
Penggunaan media atau
alat-alat berteknologi modern
seperti komputer di
dalam perkuliahan tentu tidak bermaksud mengganti cara mengajar yang baik
melainkan
untuk melengkapi dan membantuparadosendalammenyampaikanmateri.Halinimenuntutdosenuntuklebih profesional dalam pengorganisasian pembelajaran dan meningkatkan kompetensinya agar mampu menyerap pemanfaatanteknologikomputer dalamperkuliahan.
2.
Komputersebagaimediateknologimerupakanalatyangcukupstrategisuntukdapatmembantu pembelajaran
di perguruan tinggi.
Namun demikian, di
samping berbagai keunggulan
komputer dalam pembelajaran yang telah banyak disinggung di atas, perlu diantisipasi juga beberapa keterbatasan dan kelemahan komputer dalammembantu pembelajarandi perguruan tinggi. Halini agar proses pembelajaran berjalan sesuai dengan tujuan instruksional yang telah digarisksebelumnyadanmenghasilkanmahasiswaberkualitas. Membantuparadosendalammenyampaikanmateri.
b. Ringkasan Artikel/Hasil Penelitian 2
1.
Judul
artikel : Penggunaan Komputer dalam
Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes
di Pulau Pinang .
2.
Penulis
artikel : Abdul Wahab Ismail Gan, Kamaliah Hj. Siara, Hasrina Mustaf
3. Nama jurnal : Kajian
Malaysia
4. Volume jurnal : XXIV, No. 1
& 2
5. Tahun terbit jurnal : 2006
6. Latar Belakang : Dalam bidang pendidikan, usaha mempertingkatkan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran
terus
dipergiatkan
bagi
melahirkan generasi muda
yang
celik komputer dan sentiasa peka dengan
perkembangan teknologi semasa. Selaras dengan kesungguhan kerajaan menggalakkan
penggunaan komputer dalam bidang pendidikan, adalah
wajar satu kajian dilakukan
untuk mengetahui tahap penggunaan komputer bagi pengajaran dan pembelajaran dalam
kalangan guru-guru.
Justeru itu, satu kajian kes dijalankan di tiga buah sekolah menengah
Pulau Pinang.
7. Rumusan Masalah :
H1 : Terdapat perbezaan yang signifikan di antara
guru lelaki dan perempuan dari segi penggunaan komputer dalam pengajaran dan
pembelajaran.
H2 : Terdapat
perbezaan yang signifikan antara kategori umur dari segi penggunaan komputer
dalam pengajaran dan pembelajaran.
H3
: Terdapat perbezaan yang
signifikan antara mata pelajaran major yang diajar dari segi penggunaan
komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H4 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara
pengetahuan dan penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
H5 : Terdapat
perhubungan yang signifikan antara sikap dan penggunaan komputer dalam
pengajaran dan pembelajaran.
H6 : Terdapat
perhubungan yang signifikan antara personaliti dan penggunaan komputer dalam
pengajaran dan pembelajaran.
H7 : Terdapat
perhubungan yang signifikan antara sokongan organisasi dan penggunaan komputer
dalam pengajaran dan pembelajaran.
H8 : Terdapat
perhubungan yang signifikan antara faedah relatif dan penggunaan komputer dalam
pengajaran dan pembelajaran.
H9 : Terdapat
perhubungan yang signifikan antara kesepadanan dan penggunaan komputer dalam
pengajaran dan pembelajaran.
H10 : Terdapat perhubungan
yang signifikan antara ketidakrumitan dan penggunaan komputer dalam pengajaran
dan pembelajaran.
H11 : Terdapat
perhubungan yang signifikan antara kebolehcubaan dan penggunaan komputer dalam
pengajaran dan pembelajaran.
H12 : Terdapat perhubungan yang signifikan antara keteramatan dan
penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran.
8. Tujuan Penelitian :
Tujuan
peneitian ini untuk mengetahui mengenai penggunaan komputer dalam pengajaran,
pembelajaran dalam kalangan Guru sekolah menengah : satu kajian di Pulau Pinang
9. Teori-teori yang digunakan:
Dalam penelitian jurnal ini menggunakan hasil dari survei. Terbukti pada penjelasan yang ada paad jurnal banyak
memberikan hasil dari tinjauan langsung atau survei pasa studi kasus yang dijalani.
10. Metode penelitian yang digunakan:
Kajian ini menggunakan kaedah tinjauan..Sampel kajian terdiri atas guru-guru yang
dipilih dari tiga sekolah menengah
pada daerah Timur Laut Pulau Pinang iaitu SMK Datuk Hj.
Mohd. Nor Ahmad (Gelugor), SMK Bukit Gambir (Bukit Gambir) dan SMK Abdullah
Munshi (Jalan P. Ramlee). kajian yang digunakan adalah berbentuk deskriptif dan
kuantitatif
11. Hasil Penelitian :
Keputusan kajian mendapati bahawa tiada
perbezaan yang signifikan antara guru lelaki dan perempuan,
antara
kategori umur dan antara
mata
pelajaran major yang diajar dari
segi
penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran. Faktor
tahap pengetahuan, sikap, personaliti,
sokongan organisasi dan sifat-sifat inovasi komputer (faedah
relatif, kesepadanan, kerumitan,
kebolehcubaan
dan keteramatan) didapati
mempengaruhi
penggunaan komputer dalam
pengajaran dan pembelajaran dalam
kalangan
guru.
12.
Simpulan : Secara umumnya dapatlah dirumuskan bahawa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi, personaliti
guru, dan sokongan organisasi amat mempengaruhi penerimaan dan penggunaan komputer dalam pengajaran
dan
pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Di samping itu faktor
demografi
seperti jantina, umur dan mata pelajaran major yang diajar didapati tidak mempengaruhi
penggunaan komputer dalam pengajaran dan
pembelajaran.
III.
Keunggulan dan Kelemahan penelitian 1 dan 2
a.
Keunggulan dan Kelemahan penelitian 1
(PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran
diPerguruanTinggi )
No
|
Aspek
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
|
1.
|
Kegayutan antar elemen
|
Penulis dengan baik menyajikan materi ini secara berkesinambungan
dan telah menguraikan materinya dari awal tantang media pembelajaran
menggunakan komputer hingga akhir yang menjelaskan kembali tentang media
pembelajaran tersebut.
|
Penulis hanya memaparkan kegunaan dan manfaat komputer dalam
pengajaran serta model pembelajaran
dengan media computer di perguruan tinggi
saja.
|
|
2.
|
Originalitas
temuan
|
a.
Pada artikel tersebut
terlampir data-data yang berdasarkan pemikiran alternatif pendidikan dan
hasil penelitian.
b.
Artikel ini juga
mengikutsertakan pendapat ahli tentang media pembelajaraan komputer.
|
Data-data yang terlampir pada artikel tersebut tidak secara detail
dipaparkan.
|
|
3.
|
Kemuktahiran masalah
|
Materi yang terdapat di dalam artikel ini sangat bagus untuk diketahui dan di baca
, karena artikel ini membahas permasalahan yang masih mutakhir dan sesuai
dengan zaman sekarang, isinya juga masih terbilang memiliki kaitan yang erat
dengan penggunaan komputer sebagai media pembelaaran yang nyatanya masih
dipakai sampai saat ini.
Artikel ini juga membahas tentang kegunan dan manfaat dari media pembelajaraan Komputer, serta model
pembelajaran dengan media Komputer di perguruan tinggi secara jelas.
|
Artikel ini sudah muktahir,
hanya saja artikel ini lebih banyak mencantumkan teori berdasarkan pemikiran
bukan berdasarkan hasil penelitian.
|
|
4.
|
Kohesi dan Koherensi isi penelitian
|
Penulis mampu menghubungkan setiap kata-kata dalam setiap paragraf
tersebut sehingga menjadi kalimat yang baik dan bagus dan memberikan kesan
mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu penulis juga berhasil merangkai dan
menyusun pembahasan secara sistematis dan terstruktur, sehingga dari bagian
satu ke bagian yang lain masih memiliki hubungan yang erat.
|
Pada artikel tersebut, di pendahuluan hanya membahas kegunaan dan
manfaat media pembelajran computer saja, tetapi di pembahasan ada dipaparkan
model pembelajaran dengan media computer di perguruan tinggi.Menurut kami
pembahasannya sedikit tidak menyambung.
|
|
b. Keunggulan dan Kelemahan penelitian 2
(Penggunaan
Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu
Kajian Kes di Pulau Pinang .)
No
|
Aspek
|
Keunggulan
|
Kelemahan
|
1.
|
Kegayutan antar
elemen
|
Pada artikel yang kami bahas, dinilai bahwa artikel ini memiliki keistimewaan karena memiliki keterkaitan yang apik
antar kalimat satu dengan kalimat lain, paragraf satu dengan paragraf lain
serta pembahasan satu dengan pembahasan yang lain.
|
Dari elemen kita bisa menemukan kelemahannya
sedikit, dimana elemen-elemen di dalam jurnal tersebut hanya sebagai contoh
dan bahan penjelasan dan tidak menjadi bahan penelitian lain sperti
memberikan contoh dalam menghubungkan satu elemen dengan elemen yang
berkaitan.
|
2.
|
Originalitas
temuan
|
Temuan-temuan dalam penggunaan dan pemanfaatan komputer dapat kita
lihat dari adanya pergeseran pandangan
masyarakat yang menjadikan komputer sebagai alat bantu esensial bagi
kehidupan.
|
Artikel dapat dilihat
kekurangannya seperti kurangnya contoh dan terapan dari penggunaan komputer
sebagai media pendidikan, hal ini tentunya membuat pembaca sulit
untuk menerapkan temuan ini.
|
3.
No
|
Kemuktahiran
masalah
Aspek
|
Beberapa Model
pembelajaran yang dicantumkan dalam artikel ini memang dapat di benarkan karena masih dapat diterapkan
sampai sekarang.
Masalah-
Keunggulan
|
Masalah yang ada pada artikel tersebut yaitu
Adanya kebebasan mengakses informasi melalui hipermedia menimbulkan beberapa
masalah baru
Kelemahan
|
|
|
masalah yang ditimbulkan dalam penggunaan komputer
yaitu Hiperteks merupakan rangkaian jaringan memori dari para pakar atau
pengajar yang menggunakan hiperteks. Hal ini mengakibatkan pikiran mahasiswa
tersusun secara sistematis sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembangun
hiperteks.
|
di antaranya adalah mahasiswa kadang merasa
kesulitan melihat hubungan di antara bermacam-macam materi yang disajikan
sehingga mengakibatkan kegagalan dalam memperoleh intisari materi
|
4.
|
Kohesi dan
Koherensi isi penelitian
|
Kohesi yaitu adanya keterkaitan antar antarunsur
yang timbul dalam menggunakan komputer, dalam artikel ini
merupakan artikel yang menunjukkan bahwa efektifitas pembelajaran
dengan media komputer lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan media
tradisional. Kulik dkk., dari hasil penelitiannya mengatakan bahwa siswa yang
menggunakan komputer selama 10 menit/hari dalam belajar matematika, mendapatkan hasil yang
secara signifikan lebih baik daripada siswa yang tidak mengakses komputer
sama sekali. Sementara itu Willett & Netusil mengatakan bahwa siswa yang dilatih
dengan menggunakan komputer dalam belajar kunci musik juga mendapatkan hasil
yang secara signifikan lebih baik dibandingkan siswa yang tidak menggunakan
komputer.Kohensi yaitu uraian atau pandangan sehingga bagian artikel ini saling
berkaitan satu sama lain.Jadi koherensi yang ada pada artikel ini dibuat karena adanya sebab dalam penggunaan
da pemanfaat komputer,artikel ini juga
memiliki fakta yang benar adanya.
|
Dari
keterkaitan Hubungan dan penjelasan gagasan yang ada juga teori yang ada pada
jurnal tersebut hanya sedikit saja kekuranganya seperti kurangnya penjelasan
secara rinci, dengan sedikitnya kekurangan dalam segi kohesi dan koherensi
membuat poin menjadi keunggulan dalam artikel
|
IV.
Perbandingan Artikel 1 dan 2
Pada
artikel 1 “PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi”
lebih memaparkan mengenai materi dan tidak melakukan penelitian sendiri
melainkan hanya mengambil dari penelitian sebelumnya, materi dan pembahasan
yang dibahas dalam artikel ini juga terbilang sederhana dan sedikit jika
dibandingkan dengan artikel 2 “Penggunaan Komputer
dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu
Kajian Kes di Pulau Pinang” yang
memaparkan tentang penelitiannya langsung mengenai pembahasan yang sesuai dan
data yang relevan yang diperoleh dari lapangan berdasarkan hasil penelitian,
materi dan pembahasannya juga lebih banyak dan luas dengan disertai data-data
yang akurat dan juga mencantumkan teori-teori dari para ahli. Hal ini tentunya
menjadikan artikel 2 “Komputer
dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu
Kajian Kes di Pulau Pinang” lebih unggul
jika dibandingkan dengan artikel 1 PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi.
Selain itu jika
dilihat dari aspek kemutakhiran masalah pada artikel 1 “PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran
diPerguruanTinggi” sudah muktahir, hanya saja artikel
ini lebih banyak mencantumkan teori berdasarkan pemikiran bukan berdasarkan
hasil penelitian srdangkan pada artikel
2 “Penggunaan Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan
Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang” lebih memaparkan
tentang hasil penelitian, namun juga tidaj meninggalkan teori dari para ahli an
sumber-sumber lain yang relevan.
V.
Implikasi Terhadap
a) Teori
Jurnal internasional yang digunakan sudah
memaparkan teori-teori yang ada di sampaikan
oleh ahli-ahli yang ada di Malaisya. Teori yang disampaikan juga sudah sesuai
dengan fakta yang ada, bahwa faktor pengetahuan, sikap, sifat-sifat inovasi,
personaliti guru, dan sokongan organisasi amat mempengaruhi penerimaan dan
penggunaan komputer dalam pengajaran dan pembelajaran dalam kalangan guru-guru. Dan
hal itu dibuktikan dengan teori dan hasil penelitian yang dipaparkan secara rinci, baik menggunakan
angka persetase, dan juga tabel hasil penelitian yang rici.
b) Program Pembangunan di
Indonesia
Jika program pembelajaran berbasis komputer dilaksanakan di Indonesia
secara meneyeluruh, dan bukan hanya maka di perguruan tinggi saja, maka Negara
Indonesia kita ini akan terus mengalami kemajuan yang pesat terutama salam hal
pembangunan karena semakin bisa orang-orang menggunakan aplikasi komputer, maka
semakin maju pula lah pemikian manusia itu. Dan dari hal itu proses pembangunan
akan terus berlajan lebih cepat lagi.
c) Pembahasan dan Analisis
Kedua jurnal tersebut sudah memaparkan pembahasannya masing-masing, dan
jurnal inernasional yang digunakan lebih memaparkan analisis yang ada beserta
data hasil analisisnya dengan lengkap. Namun jurnal Indonesia yang ada
memaparkan pembahasannya, anamun tidak begitu dengan analisisnya. Analisis yang
ada pada jurnal nasional tersebut hanya menganalisis secara menyeluruh yang ada
pada perguruan tinggi, dan tidak menspesifik kan perguruan tinggu mana yang
dianalisi. Pada pendahuluan , jurnal nasional ini memberikan permisalan adalah
Universitas Terbuka (UT), namun itu hanya sedikit gambaran saja.
VI.
Kesimpulan dan Saran
Setiap
Artikel memiliki keunggulan dan Kelemahan. Pada artikel 1 “PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi”
lebih memaparkan mengenai materi dan tidak melakukan penelitian sendiri
melainkan hanya mengambil dari penelitian sebelumnya, materi dan pembahasan
yang dibahas dalam artikel ini juga terbilang sederhana dan sedikit jika
dibandingkan dengan artikel 2 “Penggunaan Komputer
dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu
Kajian Kes di Pulau Pinang” yang
memaparkan tentang penelitiannya langsung mengenai pembahasan yang sesuai dan
data yang relevan yang diperoleh dari lapangan berdasarkan hasil penelitian,
materi dan pembahasannya juga lebih banyak dan luas dengan disertai data-data
yang akurat dan juga mencantumkan teori-teori dari para ahli.
Artikel
2 lebih unggul daripada artikel 1 baik dari segi pembahasan maupun kelengkapan
materi. Artikel 2 lebih cocok digunakan untuk pembelajaran. Namun artikel 1
juga baik untuk menambah pengetahuan
.
Daftar Pustaka
Ulfa, M. (2007). PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan.
57-65
Wahab Ismail Gan, Abdul. Kamaliah Hj Siara
dan Hasrina Mustaf . (2006). Penggunaan
Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu
Kajian Kes di Pulau Pinang . Kajian Malaysia. 203-225
Tidak ada komentar:
Posting Komentar