Aplikasi Dasar
Komputer
MINI RESEARCH
“ ANALISIS
PENGGUNAAN KOMPUTER PADA
BEBERAPA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
”
Dosen
Pengampu : Dr. Arnita,
M.Si.
Disusun
oleh Kelompok 5
Reguler
Dik B 2016
1. Tri Lande
2. Cessilia Giovani
3. Ulfa Afriandini
4. Yulia Ulfa
5. Dilla Fransiska
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN
SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2016
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2016
KATA PENGANTAR
Tidak ada kata lain yang lebih utama untuk kami ucapkan selain puji dan syukur kepada
Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, karunia dan hidayah-Nya.
Sehingga, kami mampu menyelesaikan tugas Mini Research
ini. Mini
Research ini disusun untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer pada Semester 1
pada program studi Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas
Negeri Medan.
Mini Research
ini berjudul “Penggunaan Komputer Dalam Dunia
Pendidikan” Mini
Research ini,
disusun untuk
membahas tentang bagaimana penggunaan komputer di bidang pendidikan. Kami berharap
semoga Mini
Research ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa khususnya
prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Medan.
Kami
menyadari sepenuhnya bahwa Mini
Research ini masih memiliki banyak sekali kekurangan dan
kekeliruan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik
dan saran dari pembaca terutama kepada Ibu Dr. Arnita, M.Si. selaku Dosen mata kuliah Aplikasi Dasar
Komputer di Universitas Negeri Medan tepatnya di kelas Pendidikan Reguler B
2016.
Medan, Desember 2016
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN
a. Latar Belakang.................................................................................................... 1
b. Rumusan Masalah................................................................................................ 1
c. Batasan Masalah.................................................................................................. 1
d. Tujuan Masalah.................................................................................................... 2
BAB II KAJIAN TEORI
a.
Teori ................................................................................................................... 3
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
a.
Lokasi dan Waktu Penelitian.............................................................................. 5
b.
Populasi dan Sampel........................................................................................... 5
c.
Teknik Pengumpulan Data.................................................................................. 5
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
a.
Hasil Penelitian................................................................................................... 6
b.
Pembahasan........................................................................................................ 8
BAB V PENUTUP
a.
Simpulan ............................................................................................................ 9
b.
Saran................................................................................................................... 9
DAFTAR
PUSTAKA............................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Penelitian dalam
makalah ini dilatar belakangi oleh rasa
ingin tahu tentang bagaimana
penggunaan komputer yang ada di bidang pendidikan khususnya di SMA serta
untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer. Perkembangan teknologi yang begitu pesat
sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Institusi
pendidikan yang tidak menerapkan teknologi khususnya komputer akan
kalah bersaing. Penggunaan komputer pada sekolah-sekolah merupakan salah satu
cara sekolah untuk
meningkatkan kualitas institusinya,
karena dengan alat tersebut
sebuah sekolah dapat
meningkatkan akses, mempercepat proses dan memperlancar
administrasi serta meningkatkan keefektifan proses belajar mengajar. Dengan
perkembangan teknologi yang begitu pesat inilah ternyata cukup mempengaruhi
tatanan kehidupan manusia di semua
sektor.
Kehidupan manusia tidak luput dari
penggunaan komputer baik dalam lembaga maupun individu masing-masing. Hal ini
tidak terkecuali pada bidang pendidikan yang telah menerapkan penggunaan
komputer dalam memudahkan setiap aktivitas dan pekerjaan. Penggunaan komputer ini
dengan tujuan yang sangat beragam baik untuk kepentingan umum maupun untuk
kepentingan pribadi, untuk kepentingan pekerjaan maupun sekedar hiburan, semua
lapisan masyarakat telah akrab dengan komputer sehingga peran komputer terasa
sangat penting dalam perjalanan hidup manusia modern saat ini.
b. Rumusan Masalah
1. Apakah
defenisi komputer ?
2. Bagaimanakah
peranan komputer sebagai media pembelajaran ?
3. Bagaimana
penggunaan komputer di bidang pendidikan?
c. Batasan Masalah
Batasan masalah dalam
penelitian ini adalah
bagaimana analisis penggunaan komputer di bidang pendidikan.
d. Tujuan Masalah
Pengangkatan masalah pada penelitian ini bertujuan untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah,
selain itu diharapkan makalah ini dapat menambah pengetahuan tentang:
1.
Definisi komputer
2.
Peranan komputer
sebagai media pembelajaran
3.
Bagaimana penggunaan
komputer pada beberapa SMA
BAB
II
KAJIAN TEORI
1. Pengertian
Komputer
Menurut KBBI Komputer merupakan alat elektronik otomatis
yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang
diintruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia
(film, musik, televisi, faksimile,dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan,
unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
2.
Peranan komputer
sebagai media pembelajaran
Aplikasi komputer dapat dijadikan
media dalam bidang pembelajaran yang
memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual
learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi
langsung dengan sumber informasi.
Peranan
teknologi komputer pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu besar.
Komputer telah menjadi fasilitator
utama bagi kegiatan-kegiatan
disemua sektor kehidupan
termasuk dalam sektor
pendidikan. Komputer telah memberikan andil besar
terhadap perubahan-perubahan yang mendasar
pada struktur, operasi, dan
manajemen sistem pendidikan
dan pembelajaran. Berkat teknologi komputer
ini berbagai kemudahan dapat dirasakan dalam
proses pembelajaran seperti
persentasi mengajar, akses
informasi (e-learning) dan pembuatan pembelajaran
berbasis komputer.
Perkembangan
IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan media
pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan
keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu
kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa.
Model pembelajaran yang diterapkan dalam
pembelajaran berbantuan komputer secara umum dapat
diklasifikasikan menjadi empat model, yaitu : 1) tutorial,
2) drill and practice, 3) simulation,
dan 4) problem-solving. Dalam model 1
dan 2, komputer berperan sebagai pengajar, sedangkan
model 3 dan 4, untuk mengembangkan penggunaan kemampuan
memecahkan masalah melalui pendekatan discovery
atau exploratory. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa
pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran yang
efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar.
Perkembangan
komputer sampai saat ini sangat pesat, sebelum mengenal komputer seperti saat
ini, 5000 tahun yang lalu di Asia kecil orang menemukan alat yang disebut
Abacus dan dianggap sebagai awal mula komputer. Pada tahun 1642, Blaise Pascal
menemukan kalkulator roda nomerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan
pajak. Tetapi alat ini memiliki
kelemahan, yaitu hanya sebatas melakukan penjumlahan. Komputer sendiri di artikan
Hamacher sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan
dimemorinya dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Nasotion(2001), komputer dibagi menjadi
beberapa generasi. Yaitu generasi pertama (1953-1958), generasi
kedua(1958-1966), generasi ketiga (1966-74), generasi keempat (1974-1982), dan
generasi kelima (1982-sekarang). Dengan perkembangannya yang semakin canggih,
maka sampai saat ini banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang
kehidupan. Salah satu manfaat komputer adalah dalam bidang pendidikan misalnya multimedia. Dimana dengan
pemanfaatan multimedia, proses pembelajaran lebih bermakna, karena mampu
menampilkan teks, warna, suara, video, gerak, gambar serta mampu menampilkan
kepintaran yang dapat menyajikan proses interaktif. Kemajuan teknologi
informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam pendidikan, salah satunya adalah
pembelajaran berbantuan komputer, dalam penggunaannya menurut Sudjana dan Rivai
(1989) terdapat beberapa model pembelajaran berbantuan komputer, yaitu model
latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model
penemuan (problem solving), model simulasi (simulations) dan model permainan
(game).
Media
merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam
pekerjaan. Media merupakan alat Bantu yang dapat memudahkan pekerjaan. Setiap
orang pasti ingin pekerjaan yang dibuatnya dapat diselesaikan dengan baik dan
dengan hasil yang memuaskan.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
a. Lokasi Penelitian
Ada
5 lokasi yang diobservasi dan menjadi sumber data dalam penelitian kecil
ini, yaitu:
1. SMA N 1 KUBU
Di Jl. Datuk Kancil No.7 Kec. Kubu, Kab.
Rokan Hilir, Prov. Riau
2. SMA
N 1 Air Putih
Di Jl. Syarifuddin
No.50 Indrapura
3. SMP
dan SMA S St. Maria
Di Jl. Jamin Ginting,
Gang Gatuda No 100 Kabanjahe
4. SMA N 1 Percut Sei. Tuan
Di Jl. Irian Barat No
37 Sampali
5.
b. Populasi dan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pihak-pihak yang terkait dengan objek pengkajian dalam penelitian yaitu: lima sekolah yang berada di daerah yang berbeda. Dari populasi tersebut ditetapkan beberapa
sampel yaitu ada tidaknya penggunaan
komputer pada sekolah tersebut.
c. Teknik Pengumpulan Data
Adapun data-data
yang ada pada penelitian ini diperoleh
melalui metode atau teknik pengumpulan data observasi, yaitu pengumpulan data yang dilakukan
dengan pengamatan langsung ketika dilapangan terhadap aspek-aspek yang dianggap relevan dengan
tujuan penelitian (Arikunto, 2002)
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
a. Hasil Penelitian
Identitas Objek
1. Nama
Sekolah : SMA
N 1 KUBU
Alamat :Jl.
Datuk Kancil No.7 Kec. Kubu, Kab. Rokan Hilir, Prov. Riau
Jumlah seluruh kelas :32 Kelas
Jumlah kelas yang
mempelajari Komputer :32 Kelas
Jumlah komputer untuk
belajar :30 buah
Jumlah komputer untuk
di kantor :7 buah
Jumlah komputer
keseluruhan :37 buah
Keadaan Komputer yang
baik :22 buah
Keadaan Komputer yang rusak :15 buah
2. Nama
Sekolah : SMA
N 1 Air Putih
Alamat :Jl. Syarifuddin No.50 Indrapura
Jumlah seluruh kelas :24 kelas
Jumlah kelas yang
mempelajari Komputer :6 kelas
Jumlah komputer untuk
belajar :27 buah
Jumlah komputer untuk
di kantor :6 buah
Jumlah komputer
keseluruhan :33 buah
Keadaan Komputer yang
baik :18 buah
Keadaan Komputer
yangrusak :15 buah
3. Nama
Sekolah :SMP
dan SMA S St. Maria
Alamat :Jl. Jamin Ginting, Gang Gatuda No
100
Jumlah seluruh kelas :35 kelas
Jumlah kelas yang
mempelajari Komputer :35 kelas
Jumlah komputer untuk
belajar :80 buah
Jumlah komputer untuk
di kantor :20 buah
Jumlah komputer
keseluruhan :100 buah
Keadaan Komputer yang
baik :90 buah
Keadaan Komputer
yangrusak :10 buah
4. Nama
Sekolah : SMA
N 1 Percut Sei. Tuan
Alamat : Di Jl. Irian Barat No 37 Sampali
Jumlah seluruh kelas : 27 kelas
Jumlah kelas yang
mempelajari Komputer : 27 kelas
Jumlah komputer untuk
belajar : 40 buah
Jumlah komputer untuk
di kantor : 10 buah
Jumlah komputer
keseluruhan : 50 buah
Keadaan Komputer yang
baik : 44 buah
Keadaan Komputer
yangrusak : 6 buah
5. Nama
Sekolah :Madrasah Aliyah Negeri
Alamat :Jl. Limau Manis Pasar XV desa Medan Sinembah Kec. Tg Morawa, Kab. Deli Serdang
Jumlah seluruh kelas :19 kelas
Jumlah kelas yang
mempelajari Komputer : 19 kelas
Jumlah komputer untuk
belajar : 17 buah
Jumlah komputer untuk
di kantor : 2 bah
Jumlah komputer
keseluruhan :19 buah
Keadaan Komputer yang
baik :19 buah
Keadaan Komputer
yangrusak : 0 buah
b. Pembahasan
Dari
hasil riset yang kami lakukan, memang sudah sebagian besar bahkan dapat
dikatakan seua sekolah yang sudah menggunakan komputer dalam pembelajaran.
Setidaknya dimasing-masing sekolah sudah ada setidaknya 20 komputer yang
digunakan sebagai mesia pembelajaran. Namun dari sekian banyak komputer yang
digunakan sebagai bahan pembelajaran, masih ada banyak komputer yang tidak
dapat digunakan karena kondisi yang kurang memadai, seperti terjadi kerusakan.
Dan
jika dilihat dari jumlah kelas yang menggunakan perangkat komputer sebagai
media pembelajaran, seharusnya jumlah
komputer yang tersedia dapat lebih ditingkatkan lagi intensitasnya, dan juga
lebih diperhatikan kondisi dari setiap komputer agar tidak mengganggu proses
pembelajaran.
Dan
secara keseluruhan mengatakan bahwa penggunaan komputer di bidang pendidikan
sangatlah penting. Karena komputer sudah membuat semua jenis pekerjaan yang
dilakukan menjadi lebih baik dan efektif, terutama sebagai meida pembelajaran.
BAB V
PENUTUP
a. Simpulan
Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang dapat
menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diintruksikan, dan
memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film,
musik, televisi, faksimile,dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit
pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
Aplikasi
komputer dapat dijadikan media dalam bidang pembelajaran yang memungkinkan berlangsungnya proses belajar
secara individual (individual learning). Pemakai
komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Penggunaan komputer pada beberapa
sekolah ternyata belum cukup memadai dan tidak sebanding dengan jumlah siswa
yang ada pada sekolah tersebut. Selain itu, kurangnya perawatan dari pihak
sekolah turut menambah jumlah kerusakan komputer sehingga semakin mengurangi
jumlah komputer yang tersedia.
b. Saran
Mempelajari
Komputer memang sangat baik, namun perludiperhatikan lagi ketersediaan komputer
sebagai media pembelajaran dan perlu adanya perawatan serius dari pihak
tertentu supaya kebermanfaatan dari komputer itu sendiri dapat terus dirasakan
baik oleh siswa maupun oleh guru yang berada di sekolah tersebut.
DAFTAR PUSTAKA
Ulfa,
M. (2007). PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan.
57-65
Wahab Ismail
Gan, Abdul. Kamaliah Hj Siara dan Hasrina Mustaf .
(2006).Penggunaan
Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran
dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang .
Kajian Malaysia.
203-225
Telaah
Kritis Pemanfaaatan Teknologi Komputer Dalam Pembelajaran oleh Deni
Hardiantohttp://www.google.co.id/m?&q=kegunaan+komputer+di+bidang+pendidikan+pdf
diakses pada hari Selasa, 29 November 2016 Pukul
10.00 WIB
Manfaat Komputer Dalam Pembelajaran oleh Agus Suyadi 2008
http://www.google.co.id/m?&q=kegunaan+komputer+di+bidang+pendidikan+pdf diakses pada hari Selasa, 29 November
2016
Pukul 10.12 WIB
pada hari Selasa, 29 November 2016 Pukul
10.23 WIB
diakses pada hari Selasa, 29 November
2016
Pukul 10.24 WIB
diakses pada hari Selasa, 29 November
2016
Pukul 10.33 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar