Rabu, 07 Desember 2016

Mini Riset Penggunaan Komputer di beberapa Sekolah

Aplikasi Dasar Komputer
MINI RESEARCH
  ANALISIS PENGGUNAAN KOMPUTER PADA BEBERAPA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Dosen Pengampu : Dr. Arnita, M.Si.
Disusun oleh Kelompok 5
Reguler Dik B 2016
1.     Tri Lande
2.     Cessilia Giovani
3.     Ulfa Afriandini
4.     Yulia Ulfa
5.     Dilla Fransiska





PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
2016


KATA PENGANTAR
Tidak ada kata lain yang lebih utama untuk  kami ucapkan selain puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, karunia dan hidayah-Nya. Sehingga, kami mampu menyelesaikan tugas Mini Research ini. Mini Research ini  disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer pada Semester 1 pada program studi Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Medan.
Mini Research ini berjudul Penggunaan Komputer Dalam Dunia PendidikanMini Research ini, disusun untuk membahas tentang bagaimana penggunaan komputer di bidang pendidikan. Kami berharap semoga Mini Research ini dapat bermanfaat bagi Mahasiswa khususnya prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Negeri Medan.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa Mini Research ini masih memiliki banyak sekali kekurangan dan kekeliruan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca terutama kepada Ibu Dr. Arnita, M.Si.  selaku Dosen mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer di Universitas Negeri Medan tepatnya di kelas Pendidikan Reguler B 2016.

Medan, Desember  2016

                                                                                                          Penyusun








DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ............................................................................................. i
DAFTAR ISI............................................................................................................. ii
BAB I  PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang.................................................................................................... 1
b.       Rumusan Masalah................................................................................................ 1
c.       Batasan Masalah.................................................................................................. 1
d.      Tujuan Masalah.................................................................................................... 2

BAB II KAJIAN TEORI
a.         Teori ................................................................................................................... 3

BAB III METODOLOGI PENELITIAN
a.         Lokasi dan Waktu Penelitian.............................................................................. 5
b.        Populasi dan Sampel........................................................................................... 5
c.         Teknik Pengumpulan Data.................................................................................. 5

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
a.         Hasil Penelitian................................................................................................... 6
b.        Pembahasan........................................................................................................ 8

BAB V PENUTUP
a.         Simpulan ............................................................................................................ 9
b.        Saran................................................................................................................... 9
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 10







BAB I
PENDAHULUAN
a.      Latar Belakang
Penelitian dalam makalah  ini dilatar belakangi oleh rasa ingin tahu tentang bagaimana penggunaan komputer yang ada di bidang pendidikan khususnya di SMA serta untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Aplikasi Dasar Komputer. Perkembangan  teknologi yang begitu  pesat  sangat  berpengaruh  terhadap dunia pendidikan. Institusi pendidikan yang tidak menerapkan teknologi khususnya komputer  akan  kalah  bersaing.  Penggunaan komputer  pada sekolah-sekolah merupakan  salah satu  cara  sekolah  untuk  meningkatkan  kualitas  institusinya,  karena dengan  alat  tersebut  sebuah  sekolah  dapat  meningkatkan  akses,  mempercepat proses dan memperlancar administrasi serta meningkatkan keefektifan proses belajar mengajar. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat inilah ternyata cukup mempengaruhi tatanan kehidupan  manusia di semua sektor.
Kehidupan manusia tidak luput dari penggunaan komputer baik dalam lembaga maupun individu masing-masing. Hal ini tidak terkecuali pada bidang pendidikan yang telah menerapkan penggunaan komputer dalam memudahkan setiap aktivitas dan pekerjaan. Penggunaan komputer ini dengan tujuan yang sangat beragam baik untuk kepentingan umum maupun untuk kepentingan pribadi, untuk kepentingan pekerjaan maupun sekedar hiburan, semua lapisan masyarakat telah akrab dengan komputer sehingga peran komputer terasa sangat penting dalam perjalanan hidup manusia modern saat ini.

b.      Rumusan Masalah
1.      Apakah defenisi komputer ?
2.      Bagaimanakah peranan komputer sebagai media pembelajaran ?
3.      Bagaimana penggunaan komputer di bidang pendidikan?

c.       Batasan Masalah
     Batasan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis penggunaan komputer di bidang pendidikan.


d.      Tujuan Masalah
       Pengangkatan masalah pada penelitian ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas  mata kuliah, selain itu diharapkan makalah ini dapat menambah pengetahuan tentang:
1.      Definisi komputer
2.      Peranan komputer sebagai media pembelajaran
3.      Bagaimana penggunaan komputer pada beberapa SMA





           BAB II           
KAJIAN TEORI
1.      Pengertian Komputer
Menurut KBBI Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diintruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile,dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
2.      Peranan komputer sebagai media pembelajaran
            Aplikasi komputer dapat dijadikan media dalam bidang pembelajaran yang  memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
            Peranan teknologi komputer pada aktivitas manusia pada saat ini memang begitu  besar.  Komputer telah  menjadi  fasilitator  utama bagi  kegiatan-kegiatan disemua  sektor  kehidupan  termasuk  dalam  sektor  pendidikan.  Komputer telah memberikan  andil besar  terhadap  perubahan-perubahan  yang mendasar  pada struktur,  operasi,  dan  manajemen  sistem  pendidikan  dan  pembelajaran.  Berkat teknologi  komputer  ini berbagai  kemudahan dapat dirasakan  dalam  proses pembelajaran  seperti  persentasi  mengajar,  akses  informasi  (e-learning) dan pembuatan pembelajaran berbasis komputer.
Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan media pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu dengan mahasiswa. Model  pembelajaran  yang  diterapkan  dalam  pembelajaran berbantuan komputer secara  umum  dapat  diklasifikasikan  menjadi  empat model,  yaitu  : 1) tutorial,  2) drill  and  practice, 3) simulation, dan 4)  problem-solving.  Dalam  model  1 dan  2, komputer berperan  sebagai  pengajar,  sedangkan model 3 dan 4, untuk mengembangkan penggunaan  kemampuan  memecahkan  masalah  melalui  pendekatan  discovery atau exploratory. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar.
Perkembangan komputer sampai saat ini sangat pesat, sebelum mengenal komputer seperti saat ini, 5000 tahun yang lalu di Asia kecil orang menemukan alat yang disebut Abacus dan dianggap sebagai awal mula komputer. Pada tahun 1642, Blaise Pascal menemukan kalkulator roda nomerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Tetapi alat ini memiliki kelemahan, yaitu hanya sebatas melakukan penjumlahan. Komputer sendiri di artikan Hamacher sebagai mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima input digital kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemorinya dan menghasilkan output berupa informasi. Menurut Nasotion(2001), komputer dibagi menjadi beberapa generasi. Yaitu generasi pertama (1953-1958), generasi kedua(1958-1966), generasi ketiga (1966-74), generasi keempat (1974-1982), dan generasi kelima (1982-sekarang). Dengan perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini banyak dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu manfaat komputer adalah dalam bidang pendidikan misalnya multimedia. Dimana dengan pemanfaatan multimedia, proses pembelajaran lebih bermakna, karena mampu menampilkan teks, warna, suara, video, gerak, gambar serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan proses interaktif. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam pendidikan, salah satunya adalah pembelajaran berbantuan komputer, dalam penggunaannya menurut Sudjana dan Rivai (1989) terdapat beberapa model pembelajaran berbantuan komputer, yaitu model latihan dan praktek (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations) dan model permainan (game).
Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Media merupakan alat Bantu yang dapat memudahkan pekerjaan. Setiap orang pasti ingin pekerjaan yang dibuatnya dapat diselesaikan dengan baik dan dengan hasil yang memuaskan.


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
a.      Lokasi Penelitian
Ada 5  lokasi yang diobservasi dan  menjadi sumber data dalam penelitian kecil ini, yaitu:
1.       SMA N 1 KUBU
Di Jl. Datuk Kancil No.7 Kec. Kubu, Kab. Rokan Hilir, Prov. Riau
2.      SMA N 1 Air Putih
Di Jl. Syarifuddin No.50 Indrapura
3.      SMP dan SMA S St. Maria
Di Jl. Jamin Ginting, Gang Gatuda No 100 Kabanjahe
4.       SMA N 1 Percut Sei. Tuan
Di Jl. Irian Barat No 37 Sampali
5.       

b.      Populasi dan Sampel
      Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan pihak-pihak yang terkait dengan objek pengkajian dalam penelitian yaitu: lima sekolah yang berada di daerah yang berbeda. Dari populasi tersebut ditetapkan beberapa sampel yaitu ada tidaknya penggunaan komputer pada sekolah tersebut.

c.       Teknik Pengumpulan Data
     Adapun data-data yang ada pada penelitian ini diperoleh melalui metode atau teknik pengumpulan data observasi, yaitu pengumpulan data yang dilakukan dengan pengamatan langsung ketika dilapangan terhadap aspek-aspek yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian (Arikunto, 2002)




BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
a.      Hasil Penelitian
Identitas Objek
1.      Nama Sekolah                                : SMA N 1 KUBU
Alamat                                            :Jl. Datuk Kancil No.7 Kec. Kubu, Kab. Rokan Hilir, Prov. Riau
Jumlah seluruh kelas                       :32 Kelas
Jumlah kelas yang
 mempelajari Komputer                  :32 Kelas
Jumlah komputer untuk belajar      :30 buah
Jumlah komputer untuk di kantor  :7 buah
Jumlah komputer keseluruhan        :37 buah
Keadaan Komputer yang baik        :22 buah
Keadaan Komputer yang rusak      :15 buah

2.      Nama Sekolah                                : SMA N 1 Air Putih
Alamat                                            :Jl. Syarifuddin No.50 Indrapura
Jumlah seluruh kelas                       :24 kelas
Jumlah kelas yang
 mempelajari Komputer                  :6 kelas
Jumlah komputer untuk belajar      :27 buah
Jumlah komputer untuk di kantor  :6 buah
Jumlah komputer keseluruhan        :33 buah
Keadaan Komputer yang baik        :18 buah
Keadaan Komputer yangrusak       :15 buah

3.      Nama Sekolah                                :SMP dan SMA S St. Maria
Alamat                                            :Jl. Jamin Ginting, Gang Gatuda No 100
Jumlah seluruh kelas                       :35 kelas
Jumlah kelas yang
 mempelajari Komputer                  :35 kelas
Jumlah komputer untuk belajar      :80 buah
Jumlah komputer untuk di kantor  :20 buah
Jumlah komputer keseluruhan        :100 buah
Keadaan Komputer yang baik        :90 buah
Keadaan Komputer yangrusak       :10 buah

4.      Nama Sekolah                                : SMA N 1 Percut Sei. Tuan
Alamat                                            : Di Jl. Irian Barat No 37 Sampali
Jumlah seluruh kelas                       : 27 kelas
Jumlah kelas yang
 mempelajari Komputer                  : 27 kelas
Jumlah komputer untuk belajar      : 40 buah
Jumlah komputer untuk di kantor  : 10 buah
Jumlah komputer keseluruhan        : 50 buah
Keadaan Komputer yang baik        : 44 buah
Keadaan Komputer yangrusak       : 6 buah

5.      Nama Sekolah                                :Madrasah Aliyah Negeri
Alamat                                            :Jl. Limau Manis Pasar XV desa Medan  Sinembah Kec. Tg Morawa, Kab. Deli Serdang
Jumlah seluruh kelas                       :19 kelas
Jumlah kelas yang
 mempelajari Komputer                  : 19 kelas
Jumlah komputer untuk belajar      : 17 buah
Jumlah komputer untuk di kantor  : 2 bah
Jumlah komputer keseluruhan        :19 buah
Keadaan Komputer yang baik        :19 buah
Keadaan Komputer yangrusak       : 0 buah



b.      Pembahasan
        Dari hasil riset yang kami lakukan, memang sudah sebagian besar bahkan dapat dikatakan seua sekolah yang sudah menggunakan komputer dalam pembelajaran. Setidaknya dimasing-masing sekolah sudah ada setidaknya 20 komputer yang digunakan sebagai mesia pembelajaran. Namun dari sekian banyak komputer yang digunakan sebagai bahan pembelajaran, masih ada banyak komputer yang tidak dapat digunakan karena kondisi yang kurang memadai, seperti terjadi kerusakan.
         Dan jika dilihat dari jumlah kelas yang menggunakan perangkat komputer sebagai media pembelajaran,  seharusnya jumlah komputer yang tersedia dapat lebih ditingkatkan lagi intensitasnya, dan juga lebih diperhatikan kondisi dari setiap komputer agar tidak mengganggu proses pembelajaran.
         Dan secara keseluruhan mengatakan bahwa penggunaan komputer di bidang pendidikan sangatlah penting. Karena komputer sudah membuat semua jenis pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih baik dan efektif, terutama sebagai meida pembelajaran.

  


BAB V
PENUTUP
a.      Simpulan
            Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut yang diintruksikan, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile,dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.
            Aplikasi komputer dapat dijadikan media dalam bidang pembelajaran yang  memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
            Penggunaan komputer pada beberapa sekolah ternyata belum cukup memadai dan tidak sebanding dengan jumlah siswa yang ada pada sekolah tersebut. Selain itu, kurangnya perawatan dari pihak sekolah turut menambah jumlah kerusakan komputer sehingga semakin mengurangi jumlah komputer yang tersedia.

b.      Saran
     Mempelajari Komputer memang sangat baik, namun perludiperhatikan lagi ketersediaan komputer sebagai media pembelajaran dan perlu adanya perawatan serius dari pihak tertentu supaya kebermanfaatan dari komputer itu sendiri dapat terus dirasakan baik oleh siswa maupun oleh guru yang berada di sekolah tersebut.









DAFTAR PUSTAKA
Ulfa, M. (2007). PenggunaanKomputer sebagaiMediaPembelajaran diPerguruanTinggi. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. 57-65
Wahab Ismail Gan, Abdul. Kamaliah Hj Siara dan Hasrina Mustaf . (2006).Penggunaan
Komputer dalam Pengajaran, Pembelajaran dalam Kalangan Guru Sekolah Menengah: Satu Kajian Kes di Pulau Pinang . Kajian Malaysia. 203-225
Telaah Kritis Pemanfaaatan Teknologi Komputer Dalam Pembelajaran  oleh Deni
Hardiantohttp://www.google.co.id/m?&q=kegunaan+komputer+di+bidang+pendidikan+pdf diakses pada hari Selasa, 29 November 2016 Pukul 10.00 WIB
Manfaat Komputer Dalam Pembelajaran oleh Agus Suyadi 2008
http://www.google.co.id/m?&q=kegunaan+komputer+di+bidang+pendidikan+pdf diakses pada hari Selasa, 29 November 2016 Pukul 10.12 WIB
pada hari Selasa, 29 November 2016 Pukul 10.23 WIB
diakses pada hari Selasa, 29 November 2016 Pukul 10.24 WIB
diakses pada hari Selasa, 29 November 2016 Pukul 10.33 WIB



Tidak ada komentar:

Posting Komentar